Apakah Yang di Maksud Dengan Impaksi Gigi dan Odontektomi itu

Apakah yang dimaksud dengan impaksi gigi itu ? lalu apa itu odontektomi ?

Impaksi gigi adalah suatu keadaan dimana benih gigi atau calon gigi yang akan tumbuh terhalang jalan pertumbuhannya hingga  mengakibatkan gigi tidak dapat keluar atau tumbuh secara normal. Pada kasus impaksi gigi geraham biasanya dapat mengganggu pengunyahan. Untuk menangani masalah ini dokter bedah mulut melakukan pekerjaan pencabutan dengan pembedahan yang biasa di sebut dengan odontektomi atau pada umumnya disebut dengan operasi gigi bungsu. Odontektomi  sendiri pada umumnya bisa dikerjakan dengan suntik lokal ataupun dengan bius umum di ruang operasi tergantung tingkat kesulitan kasus. Impaksi gigi biasanya terjadi sekitar 20% dari total populasi. Pria lebih sering mengalaminya daripada wanita. Impaksi gigi molar (geraham besar) ketiga pada umumnya  terjadi sekitar 17%-32% dari populasi yang telah dilakukan penelitian, dimana frekuensi mandibula (rahang bawag) lebih tinggi daripada maksila (rahang atas).  Angka kejadian terjadinya impaksi gigi kaninus (gigi Taring) atas terjadi sekitar 0,3-3,2%, dari populasi yang diteliti.  Impaksi gigi kaninus bagian palatal (langit langit mulut) terjadi sebesar 15% kasus impaksi gigi kaninus, lebih banyak terjadi pada perempuan daripada pria. Impaksi gigi premolar (geraham keci yang terletak 1 dan 2 baris di belakang gigitaring) sebesar 0,5% dari populasi yang diteliti.  Gigi yang sering terjadi impaksi adalah molar (gigi geraham besar) ketiga mandibula (rahang bawah) diikuti molar ketiga maksila (gigi geraham besar rahang atas), dan premolar dua mandibula (gigi geraham kecil dua baris yang terletak di belakang gigi taring rahang bawah). (Andreason 1997)

Jadwal praktek drg Ika Ratna SpBM

Praktek di Apotik Century Jalan Veteran Bintalo Jakarta Selatan:
  • Senin 16:00 – 17:00
  • Selasa 09:00 – 13:00
  • Rabu 09:00 – 13:00
  • Kamis 09:00 – 13:00
  • Jumat 09:00 – 13:00
  • Minggu 09:00 – 13:00
Hubungi Hotline call/Whatsapp 08119141419

Google Map, Praktek di  Jl RC Veteran Bintaro Jakarta Selatan

tag: gigi bungsu, cabut gigi geraham, gigi geraham bungsu, biaya operasi gigi bungsu,

189 Comments

  1. dok gigi saya yang bawah rusak semuanya
    kalau diganti semua butuh biaya berapa ya dok
    terima kasih sebelumnya

  2. harus dilihat sejauh mana kerusakannya, silahkan bisa datang untuk konsultasi terlebih dahulu agar saya pelajari kasusnya

  3. Dok, gigi geraham saya di belakang sebelah kanan bawah, baru tumbuh, tapi gak muncul keluar, malah Gusinya yang membengkak dan terasa nyeri. Sampai lidah, tenggorokan dan Pipi kanan bagian dalam sakit dan bengkak. Dari informasi yg saya dapag dari teman , katanya gigi bungsu saya harus dibedah dan dicabut , mau tanya berapa estimasi biaya untuk semua prosesnya bedah dok ? Terimakasih sebelumnya.

  4. biaya pembedahan Implaksi / odontectomy sudah ditentukan oleh Rumah Sakit tempat saya praktek sesuai tingkat kesulitan dan tindakan, Silahkan bisa konsultasi dahulu atau bisa menanyakan langsung ke rumah sakit tempat saya praktek. Saya praktek di 3 lokasi Rumah Sakit. Berikut jadawal praketk serta nomer telpon 3 Rumah sakit tempat saya praktek, silahkan di Klik link berikut : http://www.bedahmulut.ariirnawan.com/jadwal-praktek/

  5. gigi geraham baru muncul satu tapi udah 3x ngerasa sakitnya, yang ketiga ini sakitnya lebih parah sampai ga bisa buka mulut,nyeri buat nelen,pusing,tinitus juga. Trus harus gimana dok? Dicabutkah?

  6. keadaan sakit seperti itu memang khas sekali dengan gigi geraham bungsu yang tumbuh tidak sempurna. jika sudah mengganggu seperti itu sebaiknya di cabut untuk menghindari rasa sakit yang akan terus berulang serta tidak menutup kemungkinan terjadinya infeksi

  7. seperti yang diterangkan pada artikel diatas mengenai implaksi. keterangan tersebut berarti ada gigi bungsu yang tumbuh tidak normal dan pencabutannya harus dilakukan dengan pembedahan. bembedahan atau operasi bisa dilakukan dengan bius lokal saja atau bisa juga dengan bius umum tergantung tingkat kesulitan.

  8. Dear Ayu,
    belum bisa saya jawab masalahnya untukkasus ini sebelum melihat langsung keadaannya, sebaiknya segera periksa ke dokter gigi terdekat agar keadaannya tidak bertambah buruk

  9. harus dilihat dan dipelajari jika memang tidak bisa diselamatkan denga penambalan maka sebaiknya di cabut

  10. Bu dokter, apakah ada tindakan selain operasi & apabila tidak di operasi efek negatifnya apa

  11. Jika gigi bungsu yang tumbuh miring sudah menimbulkan masalah maka harus segera di angkat / cabut. pencabutannya harus dilakukan dengan pembedahan dengan melakukan operasi pembiusan total atau operasi bius Lokal saya tergantung kasusnya.

    jika gigi bungsu bermasalah tidak diangkat maka rasa sakit akan terus terjadi dan akan semakin sakit, kemungkinan terjadi infeksi, abses, kista atau tumor bisa saja akan sangat besar jika terus didiamkan.

  12. dok kasus impaksi apa saja yg harus dioperasi dgn general anestesi dan yang cukup dgn lokal anestesy?

  13. Mohon bertanya, gigi bungsu sebelah kiri saya berlubang dan gigi yg depannya ga lurus tapi condong ke arah dalam, jadi kalo ngunyah di gigi kiri, pasti yg ngunyah gigi atas ketemu sama gusi samping gigi yg condong ke dalem itu dan akhirnya sekarang bengkak ga kempes-kempes dan rasa perihnya minta ampun dok. Sebaiknya apa yg harus dilakuin sekarang dok,cabutkah atau masih rutin minum obat dulu?

  14. Assalamualaikum dokter, dokter saya mau nanya, seperti nya saya mengalami impaksi yang dijelaskan di artikel ini karna saya perhatikan gigi graham terakhir saya pertumbuhannya tidak ada perubahan, tetap dalam posisi seperti itu saja dan alhamdulillah saya tidak merasakan sakit dok. Itu apakah harus tetap dilakukan odontektomi ya dokter ?? Mohon saran dan solusinya dokter. Terimakasih sebelumnya dokter. Wassalamualaikum dokter

  15. waalaikum salam,

    saran saya sebaiknya dicabut. memang pencabutan tersebut bisa ditunda jika tidak sakit, tetapi biasanya antara gigi bungsu dengan gigi geraham di depannya akan ada celah yang dapat menyebabkan sisa makanan menumpuk dan membusuk, hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan pada gigi geraham di depannya yang sehat.

  16. selamat siang Sirna,

    biaya Operasi Gigi Bungsu bius lokal di Fkg Moestopo sekitar 2,2 juta sampai 3 juta tergantung tingkat kesulitan kasusnya.

  17. Asallamuallaikum, dok saya mau nanya 3hr lalu saya hanis melakukan operasi pencabutan gigi bungsu letaknya disebelah kanan bawah. Saya mau nanya tingkat mengenai kesakitan pada saat melakulan operasi. Saya ko merasa sakit banget ya dok pas saat proses pencabutan terus setelah penjaitan dlm operasi knp darah dr mulut saya tidak berhenti henti keluar dok dalam kurun waktu sekitar setengah hari keluar lumayan banyak darah. Sebelumnya saya melihat diartikel biasamya operasi gigi bungsu tidak merasakan sakit knp saya merasakam sakit ya dok apa tdk apaapa?

  18. Assalamualaikum…. Dok gigi sy termaksud impaksi gigi, krn ada gigi tumbuh dilangit2 mulut saya, tapi sebenarnya tdk pernah ada keluhan dok, sakit ataupun nyeri tdk pernah… Sebaiknya bagaimana itu dok? Apakah mesti ditindak lanjuti?

  19. waalaikum salam,

    jika belum menimbulkan masalah bisa ditunda pencabutannya. namun tetap lebih biak dicabut sebelum menimbulkan masalah.

  20. Siang dok usia saya baru 20th
    Gugi bungsu saya Impaksi kata dokter gigi puskesmas, tapi sudah cukup lama tapi sekarang kulit sebelh gigi bungsu rahang bawah sobek
    Apa itu bahaya
    Soalnya Gigi Bungsu saya ada 3 rahang bawah kiri kanan
    Dan Gigi Bungsu rahang atas kanan dan sekarang malah ada benjolan di bibir atas kanan dan melepuh dok apa itu bahaya

  21. selamat siang
    Jika Gigi Bungsu Impaksi sudah sangat mengganggu seperti itu maka sebaiknya segera dilakukan tindakan pencabutan Operasi Gigi Bungsu. Operasi Gigi Bungsu bisa dilakukan dengan bius Operasi Gigi Bungsu bius lokal saja atau Operasi Gigi Bungsu Bius total. Jika keadaan gigi bungsu Impaksi yang bermasalah tersebut didiamkan maka rasa sakit akan terus terjadi dan kemungkinan infeksi bisa saja terjadi. sebaiknya konsultasi langsung ke Dokter Bedah Mulut terdekat agar keadaannya sebera diatasi.

  22. Dear Dokter,
    sya usia 39 th mengalami masalah pada gigi geraham kanan atas belakang mengalami sakit mungkin Sakit Gigi Bungsu dan saat ini sedang mengalami peradangan ,sehingga sakit untuk mengunyah dan berbicara.
    saya sudah minum antibiotik dan anti nyeri. setelah minum obat rasa sakit hilang tapi 4 jam kemudian terasa sakit. Gigi geraham yang sakit ini tidak mengalami bolong alias masih utuh dok.

    sudah saya kirim foto RO panoramic via email dok
    terima kasih
    salam

  23. secara umum terlihat disini kemungkinan besar ada 4 gigi bungsu yang bermasalah. (terlihat di Gambar yang dikirim) namun jika keluhan saat ini adalah pada gigi geraham kanan atas dengan ciri ciri sakit dan bengkak yang khas, maka kemungkinan besar masalahnya adalah gigi geraham bungsu kanan atas yang terlihat seperti menabrak tulang rahang belakang dan harus segera di cabut. atau dilakukan Operasi Gigi Bungsu.

  24. Dear dokter…
    saya usia 23 th dok, ada rasa mengganjal di atas gigi taring seperti ada gigi yang belum muncul, kata dokter gigi ada gigi yang impaksi dan di cabut dengan operasi ke dokter bedah mulut. apakah Impaksi Gigi Taring ini harus di cabut dok ?

  25. dear Hasna,
    Cukup banyak juga kasus Impaksi Gigi taring, walaupun tidak sebanyak kasus Impaksi Gigi Bungsu atau Odontektomi. jika keadaan tersebut sudah mengganggu atau sakit maka sebaiknya segera di cabut agar tidak menjadi masalah baru nantinya

  26. Siang dok, saya ingin bertanya. Saya sdh di diagnosa impaksi 38 kls II oleh dr sp.BM di kota saya, namun karena saya harus kuliah di luar kota maka saya hrs melakukan operasi di kota domisili sy skrg. Saya sudah Konsul di RS universitas saya, dan dr Koass menawarkan untuk mengatasi impaksi saya tsb, namun saya takut Krn setau saya hanya boleh dilakukan oleh dr spBM. apa yg hrs saya lakukan dok? Apakah tidak apa2 dilakukan oleh koass untuk diagnosa saya tersebut? Geraham saya sdh hampir keluar semua namun sebagian masih didalam gusi. Terimakasih untuk jawabannya dok.

  27. untuk Operasi Gigi Bungsu Bius Lokal bisa saja dilakukan oleh Koas Universitas karena diawasi oleh drg Sp Bedah mulut, tapi tentunya keputusan semua kembal kepada pasien

  28. Dok saya sudah melakukan foto panoramik di rumahsakit, dan hasilnya di sebutkan yaitu corpus mandibula intact dan impaksi, mohon penjelasannya dok, saya blm sampat jumpai dokter lagi karna masih sibuk kerja terimaksih dok

  29. sederhananya adalah ada gigi yang impaksi, untuk jelasnya silahkan harus dilihat hasilnya foto panoramic nya, silahkan bisa hubungu hotline via whatsapp di 08119141419. kirim hasil panoramicnya ke whatsapp

  30. Selamat siang dok,gigi geraham atas sy berlubang cukup besar.Dan sudah bbrp hari ini terasa nyeri.Sampai terasa pusing ke kepala.Pengobatan nya bisa dengan ditambal saja atau harus dicabut ya dok?

  31. dear Ratna Rizky,
    keadaan Gigi Geraham tersebut harus dilihat langsung dan dipelajari. intinya jika keadaannya masih bagus maka sebaiknya di tambal. kemungkinan besar penambalaan Gigi Geraham tersebut harus dengan perawatan saluran akar, untuk itu saran saya bisa ditambal ke drg Spesiali Konservasi. namun jika keadaan Gigi Geraham yang sakit tersebut sudah sangat rusak maka sebaiknya dicabut ke drg Sp Bedah Mulut terdekat.

  32. Dok saya sudah melakukan foto panoramik yang kedua di rumahsakit, dan hasilnya di sebutkan gigi bungsu kiri bawah harus diambil jg saat tahun lalu sy baru sempat operasi gigi bungsu kanan bawah. dokter bedah mulut yg skrg menyarankan gigi atas kanan kiri bungsu sy diambil jg dok, pun itu tidak tiduran, memang sudah hitam2, mohon penjelasannya dok, sy diminta bius total karena biar lgsg cabut 3 gigi itu. pertanyaan sy, yg atas kanan kiri (semi normal) itu apa akan ada jaitan jg apa cabut biasa ya dok? sy bayangin, nanti sy makan gimana dok recovery nya

  33. untuk mengetahui kasus Gigi Bungsu tersebut harus saya analisa dengan bantuan foto panoramic. silahkan bisa kirim foto panoramicnya ke Whatsapp hotline di 08119141419

  34. Dok 8 hari yang lalu saya habis operasi gigi bungsu sebelah kiri dan posisinya tidur.saat di operasi giginya memang benar2 keras dan susah mengeluarkannya,dihati ketiga bengkak sampai ke bawah dagu dan saya kembali konsul ke dr.sp.bm dan saya di suntik ijeksi jam 3 sore,pas malam di bekas operasi keluar cairan asin campur darah merah muda,sampai saya ngga bisa tidur 2 malam di hari ke 4&5.dihari ke lima luka operasi seperti terbuka dan rasanya sakit sekali akar gigi rasanya linu banget.dampai saya trauma mau buka mulut lebar2 dok.pas hari ke 7 saya coba buka mulut tapi mulut saya ngga bisa membuka lebar dok,ototnya berasa ke tarik banget klw dipaksain jg sakit,pas saya hanya dokter jawabannya “itu karena takut buka mulut saja”padahal memang saya ngga bisa buka mulut lebar dok.dan sekarang masih ada benjolan di pipi rasanya masih kaku banget😭,mohon penjelasannya dok,saya takut kenapa2😭😭😭

  35. Dok, gigi bungsu saya yg sebelah kiri bawah tumbuhnya miring keluar jalur, jadi menabrak pipi. Apakah itu harus segera dicabut atau tidak ya?

  36. Jika Keadaan pertumbuhan Gigi Bungsu miring seperti itu maka sebaiknya dilakukan pencabutan guna mencegah rasa sakit dan infeksi yang bisa saja terjadi. Gigi Bungsu Miring ke arah pipi biasanya menyebabkan sariawan di dinding pipi bagian dalam yang tidak kunjung sembuh

  37. Dear Oki Riyani,
    untuk menjawab keterangan keadaan pasca Operasi Gigi Bungsu diatas harus saya lihat dengan jelas keadaan saat ini dan dibandingkan dengan Rontgen terbaru. untuk itu silahkan bisa datang ke tempat praktek agar bisa diketahui keadaannya dengan jelas.

  38. Assalamualaikum dok, mau tanya, di dinding mulut atau pipi dalam di samping gigi geraham saya ada semacem kaya daging lebih penyebab nya watu itu ada sariawan tp suka ke gares2 gigi graham saya yg bolong atas bawah atau semacem kejepit gitu terus jadi kaya ada daging lebih,itu sakit dan mengganggu sekali,sy coba ke drg buat cabut gigi yg bolong biar ga ngejepit dinding mulut itu trnyta saya harus di op ktnya ada gigi yg impaksi, tp gigi saya gak sakit sm skali,dan yg saya masalahin masalah daging lebih itu kira2 bisa sembuh atau kempes ga ya dok? Udh sebulan ga kempes tapi udah ga sakit krna abis minum obt yg dpt dr dokter, cuma skrg ini ttp kaya menggangu meski udh ga bgtu sakit,mohon pencerahan bya dok

  39. waalaikum salam,
    harus dilihat dengan jelas kasus impaksi nya dan dibandingkan dengan Rontgen panoramic. kalau memang penyebabnya ada gigi geraham impaksi yg baru muncul maka penyebabnya itu yang harus diatasi. yaitu pencabutan Gigi Impaksi

  40. Dok, saya mau tanya gigi bungsu sdg tumbuh awalnya baik2 saja namun skrg gusi jdi bengkak menutupi gigi bungsu yg sdg tumbuh itu, kebetulan geraham saya yg di depan gigi bungsu sdh berlubang dan harus di cabut, apa setelah gusi saya tidak bengkak geraham yg di depan saya cabut sehingga ada ruang bagi si bungsu utk tumbuh. Bisakah seperti itu dok ?

  41. Halo dok, umur saya 33 tahun. Sy msh bingung dengan keadaan gigi geraham saya yang paling belakang, apakah harus dicabut atau ga? Beberapa bulan belakangan ini lumayan nyeri sedikit pada saat mengunyah makanan, tp cm sdikit skali nyerinya. Yg mjd permasalahan saya adalah bau mulut yang mengganggu dok. Saya kirim panoramicnya ke wa online ya dok . Trima kasih

  42. Jika keadaan gigi bungsu sudah mengganggu seperti itu kemungkinan besar akan dicabut

    Silahkan bisa kirim goto panoramic nya via WA hotline saya.

  43. Banyak kasus seperti ini terjadi, yang pasti Gigi Gerahan Bungsu Miring harus dicabut, karena tidak akan tumbuh normal walaupun gigi geraham depan dicabut.

    Jika gigi gerahan yg berlubang masih bisa ditangani, maka sebaiknya ke drg Sosialis Konservasi untuk di Tambal

  44. Dok gigi graham sebelah kiri saya sakit . Pernah ke puskesmas katanya impaksi . Saya masih takut untuk operasi gigi . Bukan takut operasinya tp pasca operasinya . Sebenernya berbahaya ga dok operasi gigi graham bungsu itu ? Karna ada beberapa orang yg malah bertambah parah setelah operasi .

    Dan obat untuk menghilangkan nyeri apa ya dok obat penghilang nyeri ga ngilangin nyeri lagi dok

  45. Halo dok mau tanya, saya hbs cabut Gigi Geraham Bungsu waktu itu pencabutan lama hampir 1jam krn pas dibius msh terasa ngilu, yg saya tanyakan,,saya sudah minum antibiotik selama 6 hr sm antiradang,,tp gusi bekas cabutan spt ada yg terganjal,Kmrn dilihat msh bengkak dikit,,ini sudah hr ke 7,,kira2 bisa kempes sendiri ngak ya dok,,saya jd tkt makan dibagian gusi yg hbs dicabut

  46. Halo,
    untuk lebih jelasnya harus dilihat langsung, 7 hari adalah saatnya kontrol pasca pencabutan Gigi Bungsu untuk melihat perkembangan penyembuhan luka. Saran saya silahkan kontrol lagi ke dokter yang mencabut. atau konsultasi langsungke drg Spesialis Bedah Mulut terdekat.

  47. waalaikum salam,

    untuk respon cepat silahkan bisa menghubungi Hotline di 08119141419 via Whatsapp

  48. Semua Operasi apapun tentunya akan ada resiko resiko yang bisa saja terjadi. Untuk itu pengerjaan Operasi Gigi Bungsu sebaiknya dikerjakan oleh drg Sp Bedah Mulut yang memang ahli dalam bidang tersebut. agar resiko resiko bisa diperkecil atau mungkin misa dihindari.

  49. Dok saya numbuh Gigi Geraham Bungsu, dan efeknya apakah menimbulkan badan panas dan pada saat nelen ludah aja sulit dok,cara nengatasi gmna dok terima kasih banyak☺☺☺

  50. Hay Fikri,
    keadaan meriang dan sakit bisa saja terjadi saat tumbuh Gigi Geraham Bungsu, yang perlu diketahui adalah bagaimana arah pertumbuhan Gigi Bungsu tersebut. jika arahnya tidak normal maka harus dicabut. untuk itu harus dilihat keadaan Gigi Bungsu nya dengan bantuan foto Rontgn Panoramic.
    silahkan bisa konsultasi ke drg Spesialis Bedah Mulut untuk kasus ini.

    atau silahkan bisa hubungi Hotline via whatsapp di 08119141419 untuk respon cepat

  51. Dok saya punya masalah dengan gigi bungsu bagian bawah , terasa sakit sekali dan saya mau oprasi kira2 kisaran harga oprasi dll nya berapa ya dok terimakasih

  52. Gigi bungsu saya berlubang sangat besar dan parah saya sudah ke klinik dk dan katanya harus melakukan operasi pembuangan gigi bungsu tiap kali saya makan saat mengunyah makanan pasti masuk ke dalam gigi bungsu yg berlubang dan mengenai gusi dalam gigi saya.. Bagaimana agar saya bisa mengunyah tanpa harus operasi pembuangan gigi bungsu

  53. Untuk Biaya Operasi Gigi Gigi Bungsu harus dilihat keadaannya, silahkan bisa hubungi Hotline via whatsapp / call di 08119141419

  54. untuk keadaan Gigi Bungsu seperti ini tetap harus dilakukan pencabutan Gigi Bungsu, jika terus didiamkan maka kemungkinan infeksi dan abses bisa terjadi akibat Gigi Bungsu yang bermasalah tersebut.

  55. Dok Gigi Bungsu saya kan saya cabut. Ko setelah di cabut gusi nya kok ga rapet lg ya dok malah bolong. Gimana cara merapetkannya ya dok sudah 3 mingguan seperti ini. Apa ada obat yg bisa merapatkan gusi pasca Operasi Gigi Bungsu. Selama ini sih saya sudah minum obat tp ga rapat rapat..

  56. Pasca pencabutan Gigi Bungsu atau gigi yang lain tentunya akan menimbulkan lubang pada tulang, dan hak ini adalah wajar. Lubang tersebut akan pulih sedikit demi sedikit. yang penting dijaga kebersihan mulut dan gigi agar tidak menimbulkan infeksi pada luka pasca Operasi Gigi Bungsu. sekitar 1 bulan adalah proses penyembuhan luka sedangkan proses menutupnya lubang akibat pencabutan bisa lebih dari 1 bulan tergantung individu masing masing

  57. Dok kalau gigi geraham kanan dan kiri bawah saya itu kan sudah patah dan berlubang sangat parah,nah kalau di cabut itu kira kira berdampak gak ya buat urat urat nya?

  58. dear Mastini,

    pencabutan insya Allah tidak apa apa, cabut gigi atas kena urat syaraf mata hanya Hoax, tidak betul. untuk itu sebaiknya dilakukan pencabutan oleh dokter Gigi Spesialis Bedah Mulut yang memang kompeten dalam hal ini. silahkan bisa hubungi Dokter Bedah Mulut terdekat.

  59. Dok saya sudah dapat rujukan dari puskes untuk pembedahan..dan baru” ini kambuh lagi..dan gigi bungsu saya tumbuh 4 di setiap ujung gigi graham ..kiri,kanan,atas dan bawah apakah akan di cabut semua atau satu persatu?

  60. dear Nadhia,
    bisa Gigi Bungsu Bermasalah bisa dicabut satu persatu, bisa persisi atau 2 – 2 atas bawah, bisa sekaligus 4. tergantung kondisinya.

  61. untuk Biaya Cabut Gigi Geraham, atau Biaya Cabut Gigi Bungsu bisa ditanyakan via whatsapp dinomor Hotline 08119141419

  62. Dokter…. saya mau tanya… kan gigi m3 saya impaksi kira2 sakit ga ya setelah operasi karna saya sangat takut sekali dgn operasi mohon arahannya dokter terima kasih

  63. sakit relatif bagi tiap orang pada pasca Operasi Gigi Bungsu, tergantung tingkat kesulitan kasus. namun jika didiamkan maka rasa sakit malah akan terus terjadi, jika terus didiamkan maka infeksi atau hal lain bisa terjadi.

    untuk kasus ini sebaiknya ditangani oleh drg Spesialis Bedah Mulut yang memang kompeten dalam hal ini. silahkan bisa kunjungi Dokter bedah mulut terdekat

  64. Dok gigi bungsu saya kan dicek di sinar X-RAY hasil nya tumbuh lurus keatas tpi tumbuhnya terhalang oleh lapisan gusi tindakan yg harus dilakukan dioperasi OPERKULEKTOMI atau operasii ODONTEKTOMI ya dok

  65. selamat pagi pak Bebe,
    kemungkinan besar harus dilakukan Odontektomi. Coba bapak bisa foto hasil Rontgen / X RAY nya kirim ke nomor Hotline di 08119141419 via whatsapp. nanti kami baca hasil foto tersebut.

  66. Assalamualaikum dok, saya baru saja selesai operasi odontektomi apakah ada pantangan makanan dok? Dan apabila saya ngerokok ada penyebab lain dok? Terima kasih

  67. Waalaikum salam,
    jika baru saja melakukan Operasi Gigi Bungsu, jangan merokok. zat zat yang terkandung dalam asap roko akan menempel pada luka bekas Operasi Gigi Bungsu hingga akan mempersulit penyembuhan luka, bahkan kemungkinan infeksi bisa saja terjadi. Hindari makanan yang keras dulu, hindari makanan atau minuman panas / hangat, serta dijaga kebersihan Mulut dan Gigi.

  68. Jika Gigi masih sakit maka harus diberikan obat dulu sesuai keadaannya, biasanya konsumsi obat selama 5 – 7 hari. setelah itu segera dilakukan pencabutan Gigi Bungsu. janjan ditunda lagi karena sakit dan bengkak bisa terjadi lagi.

    konsumsi Obat untuk Sakit Gigi Bungsu pun tidak boleh sembarangan terutama jenis obat antibiotik, jika salah maka kuman akan semakin kebal terhadap obat

  69. Permisi dok, saya mau nanya

    Kalau misal gigi bungsu saya dicabut, apakah bisa saya kembali memasang gigi palsu jika jaraknya dari pencabutan sampai pemasangan kurang lebih 1 atau 2 tahun

    Karena untuk biaya pemasangan gigi palsu ini yang saya tahu tidak murah..

    Terimakasih sebelumnya

  70. apakah maksudnya gigi palsu untuk mengganti Gigi Bungsu?

    karena sebenarnya gigi bungsu tidak perlu diganti oleh gigi palsu

  71. Iya dok untuk mengganti gigi bungsu, karena untuk saat ini gigi bungsu saya sudah rusak, bahkan mahkota gigi sudah hancur, yang tersisa hanya akar gigi

  72. Permisi dok saya mau tanya, saya numbuh gigi bungsu dibawah sebelah kanan apa gigi bungsu saya pengaruh dengan saya sering sakit kepala hampir setiap hari? dan rahang gigi saya sebelah kanan beda sebelah apa mempengaruhi dok?

  73. dear Apriaria,

    kemungkinan akibat Gigi Bungsu tumbuh bisa saja terjadi. sebaiknya segera hubungi dokter Bedah Mulut terdekat agar dilihat keadaannya. atau jika ada foto rontgen panoramic bisa kirim gambarnya via whatsapp di hotline 08119141419.

  74. Permisi dok saya mau tanya, di gusi graham atas saya sebelah kiri seperti muncul tekstur seperti sariawan tapi keras sejauh ini tidak menimbulkan rasa apapun dok, itu gigi bungsu atau bukan ya dok ?

  75. dear Shifa,
    kemungkinan besar bisa saja itu adalah Gigi Bungsu. namun untuk memastikannya dan melihat pertumbuhannya normal atau tidak sebaiknya ke dokter gigi Sp Bedah Mulut untuk memastikan kondisinya. Foto Rontgen panoramic juga dibutuhkan untuk mengetahui keadaannya.

  76. Hai Dok…. Sy mau konsultasi soal cabut dan pasang gigi palsu , apakah langsung saja hub ke no wa atau gimana????

  77. Pagi dok gigi saya yg bagian atas rusak selama ini saya takut sekali untuk periksa ke dokter gigi karena di saran kan untuk di cabut.. apa kah di cabut gigi itu sakit dok ? Padahal saya sering sekali mengalami skt gigi trs menerus

  78. dear Tia,
    sebelum Cabut Gigi tentunya akan diperiksa dulu, harus dianalisa penyebab sakit giginya. Jika memungkinkan maka bisa dilangsung dicabut, sebelum dicabut pun akan diberikan anastesi / suntikan biusagar proses pencabutan tidak terasa sakit.

  79. Dok,saya sepertinya tumbuh gigi bungsu kanan bawah,dan ada benjolan seperti kacang di leher kanan,apakah wajar dok??

  80. sore Dok,saya sepertinya tumbuh gigi bungsu kanan bawah,dan ada benjolan seperti kacang di leher kanan,apakah wajar dok??

  81. sore dok, saya perempuan berusia 23 tahun. 3 hari ini saya merasakan sakit di sekitar gusi tepatnya di belakang gigi geraham. Saya kesulitan membuka mulut tapi masih bisa menelan. Apakah ini salah satu tanda impaksi gigi bungsu? dan apakah saya disarankan untuk operasi mengingat yang tumbuh baru satu sedangkan akan ada 3 gigi bungsu lainnya. Kalau operasi per gigi berapa ya biayanya disini: Terima kasih

  82. kemungkinan besar memang arahnya ke Gigi Bungsu yang tumbuh bermasalah. Pencabutan Gigi Bungsu bisa dilakukan satu persatu. mengenai biaya silahkan bisa ditanyakan ke no Hotline di 08119141419 melalui whatsapp

  83. benjolan seperti kacang adalah hal yan tidak wajar, ciri ciri tersebut kemungkinan abses, yang artinya sudah ada infeksi. saran saya sebaiknya segera ke drg Spesiais Bedah Mulut terdekat agar diketahui dengan jelas kasusnya dan ditangani dengan tepat

  84. Mlm dok. Saya rencana mau cabut gigi graham yang bawah. Saya mau nanya kalau mau pasang gigi palsu butuh brp lama stlh gigi di cabut.

  85. Malam dok… Gigi geraham atas dan bawah sebelah kanan nyeri bgt dok. Yg atas cuma sisa akar, sedangkan yg bawah masih ada mahkotanya sebagian. Saya juga sdh kedokter gigi, tp nyerinya tetap tidak hilang. Kata dokternya yg bawah masih bisa dilakukan perawatan. Sedangkan yg atas memang harus dicabut. Apakah kasus spt ini perlu dilakukan operasi gigi?

  86. Untuk lebih jelasnya harus saya lihat langsung, silahkan bisa hubungi hotline 08119141419 via whatsapp

  87. Siang dokter,, 2 minggu yg lalu gigi belakanga saya sakit,,sampai untuk menelan ludah saja sakit dok,,,lalu saya ke dokter gigi di puskesmas,,,dokternya bilang gigi belakang saya harus dicabut,,,tp itu harus di Dokter Bedah Mulut, maaf dokter mau tanya apakah ada Operasi pencabutan Gigi Bungsu harus dilakukan oleh Dokter Bedah Mulut ? apakah berbahaya kalau gigi saya tidak dicabut dokter??terima kasih dokter

  88. Dok, istri saya sakit gigi geraham bungsu, kata dokter gigi di sebuah RS harus Operasi. Tapi istri saya sedang hamil dan disuruh menunggu hingga selesai menyusui.
    Saya ga tega krn semakin kesini sy lihat semakin sakit. Bagaimana solusinya ya dok?
    Selain di bintaro apa ada tempat praktek lain dok?, atau mungkin ada rekomendasi utk daerah tebet?
    Terimakasih sebelumnya.

  89. Memang amannya untuk Operasi Gigi Bungsu dilakukan setelah melahirkan, tapi tentunya dilihat juga urgensinya. kalau masih bisa ditunda maka sebaiknya ditunda dulu

  90. pencabutan Gigi Bungsu sebaiknya memang dilakukan oleh ahlinya, dalam hal ini adalah Dokter Bedah Mulut yang memang kompeten secara keilmuan kedokteran Gigi untuk melakukan itu. jika Gigi Bungsu yang bermasalah didiamkan apalagi sudah ada keluhan seperti diatas maka infeksi bisa saja terjadi dan tentunya akan menjadi abses dyang pastinya akan membahayakan

  91. Dok mau tanya, kalo misalnya cabut gigi geraham bungsunya sekaligus 2 harus dibius total? Dan nginap di rs ?

  92. ijin bertanya dok .. gigi graham ketiga saya sebelah kiri baru tumbuh .. hanya saja pertumbuhannya tidak sempurna .. tumbuhnya menempel dengan pipi dan tertutup oleh daging pipi .. sekarang kondisinya meradang sampai mengalami bengkak .. sekiranya .. apa yang harus saya lakukan yah dok ..
    terimakasih ..

  93. Dear Dewisintia,
    Pencabutan 2 Gigi Bungsu bisa saja dilakukan sekaligus. untuk tindakan pencabutannya harus dilihat keadaannya, apakah bisa dilakukan dengan bius lokal saja atau terpaksa harus dilakukan dengan bius umum. namun saya pribadi lebih menyukai tindakan dengan bius lokal saja. Jika Operasi Gigi Bungsu dengan bius lokal, bisa langsung pulang dan kontrol seminggu keudian.Jika Operasi Gigi Bungsu dilakukan dengan Bius Total maka harus rawat inap.

  94. Dear Ezha,
    jika keadaan Gigi Bungsu tersebut sudah seperti keterangan diatas maka sebaiknya ke dokter Sp Bedah mulut terdekat agar fiperiksa keadaanya, jika posisi gigi bungsu tersebut miring maka akan disembuhkan dulu dengan obat selama 5 sampai 7 hari, setelaj itu baru dicabut.

  95. jika mau ditanam Implan GIgi bisa langsung ditanam Implan sesaat setelah dicabut jika memungkinkan

  96. Pagi dok. Saya ila 25th
    Dok apakah gigi bungsu yg tidak keluar . Harus di cabut semua? Walau tidak menimbulkan rasa sakit? Apakah ada dampaknya di kemudian hari? Terimakasih dokter

  97. Dear Ila Rosyana,

    Gigi Bungsu yang Tumbuh miring adalah ibarat bom waktu yang bisa meledak kapan saja. Jika Gigi Bungsu yang tumbuh miring belum menimbulkan masalah memang bisa ditunda pencabutannya, namun tetap akan lebih baik dicabut sebelum menimbulkan masalah.

  98. Sore bu Dokter,

    Saya ada permasalahan dengan gigi geraham atas sudah berkali-kali tambal bongkar rencana ingin saya cabut saja, usia saya 33th. Yang ingin saya tanyakan apa bahaya cabut gigi geraham atas? Dan apa benar setelah dicabut harus pasang gigi palsu?
    Terimakasih bu Dokter atas perhatiannya..

    Salam,
    Zai

  99. Dok, saya dirujuk ke bedah mulut utk operasi. Keluhannya adalah sakit di gusi pada geraham bawah kanan, ke-3 dari depan. Di foto rongtsen terdapat bulatan putih di bawah gigi tsb. Sy sdh konsultasi ke 3 drg, ada yg mengatakan granulom, jaringan yg mengeras seperti tulang, osteoma dsb dan semua merujuk utk diangkat di bedah mulut. Menurut dokter itu apa ya dok, apakah solusinya harus dioperasi atau ada alternatif lain? Lalu jika diambil, apakah gigi di atasnya ikut diambil tdk?
    Terima kasih

  100. Hi dokter, saya baru saja foto panoramik, hasilnya ada 7 gigi lebih di sekitar rahang atas-bawah, dan 4 gigi bungsu di geraham paling belakang…untuk kondisi gigi lebih tersebut apa dimungkinkan bila dicabut sekaligus?resiko apa yg bs terjadi, tks dokter

  101. Hi dokter, saya baru saja foto panoramik, hasilnya ada 7 gigi lebih di sekitar rahang atas-bawah, dan 4 gigi bungsu di geraham paling belakang…untuk kondisi gigi lebih tersebut apa dimungkinkan bila dicabut sekaligus?resiko apa yg bs terjadi, tks dokter

  102. pencabutan Gigi Geraham atas tidak masalah, sebaiknya dilakukan oleh ahlinya yaitu drg spesialis Bedah Mulut. jika sudah dicabut memang sebaiknya dipakaikan Gigi palsu agas susunan gigi geliginya tetap rapih

  103. kepada Rizal,

    pencabutan Gigi Bungsu sekaligus bisa saja dilakukan ada untung ruginya. sebaiknya dilihat agar dapat dipelajari kasusnya. silahkan bisa kirim hasil Rontgen panoramic ke saya di no Hotline via whatsapp 08119141419

  104. dear Devi untuk jelasnya coba dikirim hasil rontgen panoramicnya ke saya melalui nomor Hotline via whatsapp di 08119141419

  105. Anak saya usia 20 thn mengalami kelainan rahang yang tidak simetris akibatnya gigi nyeri , saran teman yg dokter gigi agar dioperasi dengan memotong rahangnya
    apakah dokter Ika bisa menangani kasus ini…terimakasih

  106. dear Ibu Tantri,
    Insya Allah bisa, namun memang operasi tersebut dilakukan oleh Tim Dokter yang terdiri dari beberapa dokter ahli. coba datang dan dilihat dulu keadaannya dengan jelas

  107. Selamat siang dokter. Saya mau tanya mengenai operasi gigi bungsu saya. Hari ini sudah 2 minggu setelah operasi, hanya saja masih terdapat lubang yang terbuka. Untuk kondisi seperti itu, saya tidak mengalami sakit / bengkak. Hanya sering nyangkut makanan. Apakah itu normal untuk proses pemulihan?
    Terimakasi dokter

  108. selamat siang
    lubang pasca Operasi Gigi Bungsu adalah hal yang normal. nantinya akan merapat setelah beberapa bulan

  109. Hallo dokter.
    Saya mau nanya masalah 2 gigi impaksi yang satu berada di dalam gusi dan satu lagi berada paling belakang dan mendorong gigi menjadi kearah depan. Awalnya saya hnya cek panoramic untuk melihat seberapa parah gigi impaksi saya yg mendorong gigi saya jd agak kedepan namun setelah lihat hasil panoramicnya malah ada gigi impaksi lain yg terlihat yg berada di dalam gusi hampir nyentuh syaraf dan samasekali tidak terlihat atau terasa sakit jika dipegang. Setelah saya konsul, gigi yg berada dalam gusi ini harus segera di bedah baru tahap selanjutnya gigi impaksi yg lain di bedah juga.
    Saya mau nanya kisaran hrga berapa ya dok untuk gigi impaksi saya yg di dalam gusi dan yg sudah terlihat dan mendorong gigi sya yg lain ini. . . . makasih

  110. Halo Madya,
    untuk mengetahui Biaya Pencabutan Impaksi Gigi Bungsu silahkan bisa hubungi Hotline di 08119141419 via whatsapp.

  111. Dok kalo boleh tau kisaran buat cabut gigi grahm brp ya. Saya kmarin di anjurin buat ke bedah mulut sma dr gigi di klinik

  112. Assalammuallaikum dok.
    Saya mau bertanya untuk biaya untuk pencabutan polip gusi kira kira berapa ya dok..?

    Terimakasih

  113. Selamat siang dok,
    Gigi geraham saya berlubang awalnya tidak apa-apa, tapi jadi tumbuh kaya daging gitu di tengah gigi yg berlubang tersebut. Daging tersebut seperti gusi gitu dok, awalnya sering berdarah tapi ga sakit, tapi sekarang jadi bengkak besar dan warnanya merah gitu. Itu kenapa ya dok? Terima kasih.

  114. Dok, mau tanya.
    Untuk gigi berlubang estimasi biaya pencabutannya berapa ya?
    Gigi geraham bawah saya berlubang, dan gigi geraham atas ada 2 lubang juga. Jadi ada 3 gigi yg berlubang.
    Saya sudah berobat di Puskesmas tapi rasa nyeri nya masih terasa, padahal klu mau cabut gigi harus sudah gk nyeri.
    Boleh tidak klu masih nyeri bisa di cabut giginya?

  115. Hallo dok, gigi geraham paling pojok sebelah atas saya terasa sakit dan cenat-cenut, bahkan pada saat makan kadang terasa seperti tertusuk jarum, dan kepala terasa pusing beserta badan terasa pegal. Apakah kondisi saya ini seperti di jelaskan di artikel dokter?

  116. Assalamu’alaikum dokter…
    Sy ingin brtanya, sy mengalami impaksi di bagian bawah kanan, tp sy tdk merasakan sakit sm sekali, yg sakit+ngilu+membuat pusing itu justru gigi graham atas yg tengah pas bagian gusinya, smpai2 ktk sy sujud saat sholat, pusingnya kepala smakin menjadi2, dan terasa pusingnya kepala itu nyambung dgn gusi gigi graham atas tersebut…. apakah sy hrs dibedah+dicabut gigi bungsu yg impaksi itu ? Pdhl sy bnr2 yakin yg mmbuat sy pusing itu yg gusi graham atas.

  117. siang dokter
    saya mau nanya gigi depan saya belubang dan hitam klu boleh tau hrs kah saya cabut apa gemna iya dokter,jika dicabut kira” biaya nya brapa iya dok
    makasi.

  118. waalaikum salam,
    mengenai biaya silahkan bisa hubungi Hotline whatsapp di 08119141419

  119. Selamat siang
    penyebabnya dari gigi lubang yang kemungkinan besar sudah infeksi, kotoran yang menumpuk dan menjadi penyebab berkembang biaknya kuman di dalam lubang tersebut. harus segera diobati dulu oleh obat obatan yang sesuai. silahakan kunjungi dokter bedah mulut terdekat untuk mengatasi masalah ini

  120. jika masih nyeri belum bisa dicabut, saran saya kunjungi dokter Bedah Mulut terdekat agar di tangani dengan tepat

  121. untuk pastinya harus datang langsung, dilihat dengan jelas dan dibandingkan dengan rontgen panoramic

  122. siang, untuk mengetahui kasusnya dengan jelas harus datang dan dilihat langsung. untuk biaya silahkan hubungi hotline whatsapp 08119141419

  123. untuk jelasnya harus datang langsung
    atau silahkan hubungi hotline whatsapp di 08119141419, bisa di kirim hasil rontgen panoramicnya melalui whatsapp

  124. Dok saya mau tanya saya baru operasi gigi geraham bungsu Operasi bius total yg diangkat 4. Sampai hari ini pembengkakan dipipi kanan yg agak besar pipi kiri tidak terlalu bengkak, sekarang ngerasain baal disekitar mulut.sementara obat sudah habis hari ini.apakah perlu minum obat lagi dok atau tidak? Dan obat apa kira2 untuk mengempeskan bengkaknya dok dan rasa baalny.terimakasih

  125. jika baru saja operasi maka hal yang wajar jika terjadi pembengkakan. apalagi langsung dicabut 4 gigi. Obat biasanya diberikan oleh dokter yang menangani. jadi saran saya ikuti petunjuk dokter, diminum obatnya sesuai aturan dan kontrol 1 minggu setelah operasi

  126. Selamat malam dokter saya habis menjalani oprasi cabut gigi bungsu kanan bawah sekitar jam 16.00 namun jam 18.45 rasa baal sdh hilang kecuali di area sudut mulut bibit bawah hingga dagu kanan… td dokter spBM nya menyampaikan jka ad baal di area itu sgra mnum vit b complek krn td sprtinya kanalis trkena apakah hal ini permanen dok? Binir saya utk bicara agak miring? Apakah ada solisinya ya dok? Atau akan hilang sendiri??

  127. Halo Dok,
    Saya mengalami masalah dengan gigi geraham kiri bawah, no 3 dari depan. Gigi saya ini sudah pernah bolong sebagian, lalu ditambal dan dilakukan perawatan akar gigi. Beberapa bulan kemudian tambalan lepas dan saya tidak sempat kembali ke dokter gigi untuk menambal kembali, jadi saya diamkan hingga hari Minggu kemarin gigi tersebut patah, menyisakan sedikit bagian mahkota giginya. Saya sudah ke dokter gigi untuk melakukan pencabutan, namun tidak berhasil, hingga masih tersisa akarnya. Saat hendak mencabut, dokter gigi tersebut menekan menggunakan alat seperti obeng. Dan anehnya walaupun sudah disuntik bius di gusi beberapa kali, pada saat dokter menekan gigi saya terasa sakit di bagian bawah gigi. Kira2 apa yang menyebabkan gigi saya masih terasa sakit walaupun sudah dibius ya, Dok? Dan apa yang harus saya lakukan berikutnya? Apakah gigi saya ini harus segera dicabut atau bisa dibiarkan saja? Sy sudah diberikan obat nyeri dan antibiotik, dan diminta untuk melakukan foto rontgen.

  128. Dok setelah oprasi gigi impaksi kira2 berapa hari baru bisa melakukan aktivitas seperti biasa,kaya olahraga dan merokok?

  129. Halo dok
    Saya rezan umur saya 20 thn
    Saya mau nanya udah tiga harian ini gusi saya nyeri di karnakan tumbuh nya gigi bungsu, kalo gigi bungsu tumbuh trus terasa nyeri dan di khawatirkan nyeri nya ga sembuh dalam kisaran minggu atau bulan sebaik nya gigi tsb di cabut dalam waktu berapa lama setelah gigi tumbuh dok
    Makasaih 🙏

  130. Halao Rezan,
    jika Gigi Bungsu sudah seperti itu sebaiknya ke Dokter Bedah Mulut terdekat untuk diperiksa. karna jika pertumbuhannya tidak normal maka sakit akan terus berlanjut dan bisa semakin parah jika tidak segera diatasi.

  131. tergantung individu masing masing, juga tergantung kasus Operasi Gigi Bungsu nya. namun untuk amannya bisa olah raga lagi 1 minggu pasca operasi Gigi Bungsu

  132. Halo Mayan Kaligi
    kasus ini banyak sekali datang ke saya. saran saya sebaiknya datang ke dokter gigi Spesiali Bedah Mulut terdekat untuk di analisa keadaannya. kemungkinan besar sudah ada infeksi yang menghambat masuknya obat bius. untuk itu harus disembuhkan dulu infeksinya…

  133. Dok,
    Saya pasca operasi penggantian katup jantung Sebelum operasi gigi saya sudah bersih di scaling dan juga di tambal. Total gigi yg ditambal 9 lubang Tapi 1 bulan setelah operasi gigi saya sering sekali sakit.. Sakit nya sampe pusing dok sakit banget ..
    Mohon penjelasan nya dok . Terima kasih

  134. untuk kasus ini harus datang langsung, karena ada beberapa pemeriksaan yang harus dilakukan agar bisa diketahui dengan jelas penyebebnya dan perencanaan pengobatan kedepan

  135. Apa benar saat OP Geraham Bungsu ketika di bius tidak merasakan sakit dok? Karena saya pernah OP geraham bungsu sebelah kanan, saya trauma dan sekarang saya mengalami masalah di geraham bungsu kiri.

  136. Met siang dokter…..saya mau pasang behel, tetapi kata dokter gigi ortho, gigi bungsu saya harus dicabut dulu…perlu brp lama jangka waktu dr selesai pencabutan untuk bisa dipasang behel.
    Saya sudahmelakukan foto x-ray bbrp bln yg lalu, tp blm sempat melakukan pencabutan gigi bungsu krn kesibukan kuliah. Apakah foto x-ray saya masih berlaku?
    Apakah pencabutan gigi bungsu itu sakit ya Dok?
    ….saya terus terang agak takut.

    Terimakasih sebelumnya ya .

  137. Malam dok,
    Saya mau tanya, tanggal 18 Mei 2019 saya habis menjalani operasi gigi bungsu bagian kanan (atas dan bawah) dan tanggal 25 Mei 2019 saya cabut benang jahitan, tapi sampai hari ini gusi bagian kanan bawah saya seperti menggelembung, dan kalau saya pegang pakai tangan seperti lembek/kenyal2 gusi nya, tidak seperti gusi sebelum operasi (gusi yg padat, tidak lembek) dan gusi tersebut agak ngilu pada saat makan dan rasa ngilu tersebut merembet ke gigi depan gusi tersebut. Apakah hal tersebut memang biasa terjadi pasca operasi dok ? Atau saya perlu minum obat ?
    Terima Kasih

  138. bengkak pasca Operasi Gigi bungsu adalah hal yang wajar, bengkak tersebut adalah reaksi alami tubuh akibat trauma yang dialami pada operasi. namun tentunya dokter sudah mengantisipasi kemungkinan tersebut dengan obat obatan yang diberikan pasca operasi. untuk itu diminum obatnya sesuai anjuran. dan kontrol serta buka jahitan 1 minggu pasca Operasi Gigi Bungsu diperlukan untuk meihat sejauh mana penyembuhan lukanya.

  139. Skill atau kemampuan dokter tentunya berbeda beda dalam menangani kasus Operasi Gigi Bungsu, untuk itu sebaiknya kasus Operasi Gigi Bungsu dilakukan oleh drg Spesialis Bedah Mulut yang secara keilmuan kompeten dalam bidang tersebut. Insya Allah tidak sakit dan tidak seseram yang dibaayangkan. silahkan konsultasi angsung ke Dokter Bedah Mulut terdekat

  140. Assalamu’alaikum dok.. InsyaaAllah besok selasa 25 juni saya mau operasi gigi bungsu 4 gigi sekaligus oleh drg sp bm.. apakah tdk apa2 yaa dok dicabut 4 sekaligus, nanti gimana pascaoperasi saya makan dan aktivitas ? Terus terang saya sangat khawatir dok. Gigi bungsu saya yg miring hanya 2 yg bagian bawah tp kata dokternya harus dicabut 4″nya dibius total. Mohon pencerahannya dok sebelum saya operasi ini. Tks

  141. Pagi Dok,
    Saya ada masalah gigi bungsu atas bawah yg miring dan ada sisa akar gigi di bawah gigi seri yg sudah tertutup gusi, jika di operasi sekaligus apa tidak apa2? Dan kira2 biaya nya berapa ya dok

  142. Dok gigi bawah saya kiri kanan dan gigi atas sebelah kanan terasa lebih tinggi dan sering sakit, apa itu karna gigi bungsu yg ingin keluar? Jadi penangannya saya harus bagaimana ya dok, tq 🙏

  143. Selamat pagi dok, sya mau tanya gigi atas saya sebelah kanan dan gigi bawah saya kiri dan kanan terasa tinggi dan sering sakit dok.
    Apa karna gigi bungsu yg mau keluar ya dok?
    Jadi penanganannya saya harus bagaimana ya dok?
    Tq 🙏

  144. dear Angelica
    pengaruh gigi bungsu bisa saja terjad, untuk jelasnya harus dilihat langsung dan diperlukan rontgen panoramic

  145. Gigi Bugnsu yang tumbuh miring nantinya akan menjadi masalah, untuk itu sebaknya dilakukan pencabutan. untuk pencabutan banyak sekaligus bisa saja dilakukan, tentunya dilihat dulu kasusnya. untuk itu sebaikya datang langsung karena dokter akan melihat terlebih dahulu keadaannya dan diperlukan Rontgen panoramic

  146. waalaikum salam
    pencabutan sekaligus tidak apa apa, namun bisa juga dicicil pencabutannya. misalnya per sisi, yaitu sisi kanan atas bawah dulu agar nanti sisi kiri bisa mengunyah, jika sudah sembuh sekitar 2 mingguan maka dicabut gigi bungsu sisi kiri atas bawah

  147. cabut sisa akar bisa dilakukan, silahkan hubungi hotline untuk booking jadwal

    2 hari bengkak pasca operasi adalah masih relatif wajar.snanti seminggu pasca operasi harus kontrol untuk melihat perkembangan penyembuhannya dan buka jaitan

  148. pengaruh gigi bungsu bisa saja terjadi, untuk memastikannya harus datang langsung dan akan dibutuhkan rontgen panoramic

  149. untuk pemakaian ortho memang harus bersih dari gigi gigi impaksi agar pergerakan giginya maksimal.

    lama Operasi Gigi Bungsu tergantung kasusnya rata rata sekitar 30 menit sampai 1 jam, tentunya sebelum pencabutan akan diberikan suntikan / anastesi agar tidak terasa sakit. Foto X Ray tersebut masih bisa berlaku.

  150. Assalamualaikum dok,,
    Saya mau tanya gigi geraham saya sebelah kanan belakangny numbuh dan skrg sakit apakah itu yg dinamakan impaksi??
    Saya tadi sdh konsul k dr gigi dy blg hrs dioperasi drujuk d RS dgn dokter spesialis bedah mulut
    Tapi waktu 5thn yg lalu saya jg merasakan skit yg sm disebelah kiri gigi geraham saya tumbuh dan bolong dr.gigi lgsg memberi obat gigi n antibiotik stlh 3hr sdh tidak sakit saya lgsg d cabut d dr.gigi Alhamdulillah setelah dcabut gigi yg tumbuh diboakang geraham lgsg bergeser kdpn dgn sndriny
    Apakah kasus saya yg skrg sm seperti gigi graham yg kiri apa beda dok biar saya tidak hrs dioperasi hanya dicabut di dr gigi trima ksh dok tlg djwb

  151. waalaikum salam
    untuk memastikan keadaannya harus dartang langsung atau minimal ada rontgen panoramic. bisa dikirim panoramicnya via no hotline whatsapp di 08119141419

  152. assalamualaikum dok, saya ingin bertanya mengenai gigi graham belakang yg tumbuh.
    pada gusi saya, ada gigi yang tumbuh dengan baik ke bawah (yg sekarang masih kecil skali) tetapi baru baru ini saya merasakan ada gigi kecil lg yg tumbuh di gusi bagian samping, dan ini sangat mengganggu daging pipi bagian dalam saya. yang saya tanyakan, apakah itu kira kira beda gigi atau memang gigi yang sama dengan gigi yang tumbuh k bawah ya dok? trus semisal beda, dan dibiarkan saja, apakah bahaya atau tidak? terima kasih

  153. Assalamualaikum dok…anak saya tumbuh gigi tapi posisinya jauh diatas gusi, di pipi deket sinus. Jika dilakukan operasi kira-kira biayanya berapa ya dok? Dan efeknya apa ya? Terimakasih

  154. Dok, gigi saya yang atas sudah berwarna hitam, setiap sebulan sekali pasti mengalami sakit gigi, apakah perlu di cabut

  155. waalaikum salam,
    dari penjelasannya kemungkinan Gigi Bungsu jika memang adanya dipojok, untuk memastikannya harus Rontgen panoramic, sulahkan bisa ke Dokter Bedah MUlut terdekat agar jelas keadaannya. Jika keluhan tersebut memang berasal dari gigi bungsu yang tumbuh bermasalah maka harus segera dicabut, karna jika didiamkan akan semakin bermasalah dan menjadi infeksi.

  156. mengenai biaya Operasi Gigi Bungsu dengan bius lokal, silahkan bisa ditanyakan di Hotline Whatsapp 08119141419

  157. untuk kasus ini harus dilihat dengan jelas. dicabut bisa saja. namun kalau masih bisa diselamatkan maka sebaiknya diselamatkan terlebih dahulu. pencabutan adalah alternatif terakhir jika memang sudah tidak bisa diselamatkan giginya.

  158. Assalamualaikum.
    Selamat pagi dok. Saya ingin bertanya bagaimana cara nya mengatasi gusi yang bengak di bagian gigi bungsu dok karna rasanya nyeri sekali dok sampai untuk membuka mulut saja itu rasanya nyeri dok sampai badan saya pun demam dok setiap malam

    lalu jika saya pergi ke dokter gigi apa yg akan di lakukan dokter tersebut dok ?
    apakah perlu di lakukan pencabutan pada gigi bungsu saya dok
    Tolong penjelasannya ya dok..
    Terimakasih.
    Wassalamu’alaikum

  159. Waalaikum salam
    Jika keadaan pertumbuhan Gigi Bungsu nya bermasalah maka harus dicabut. obat obatan tidak akan menyembuhkan sakit akibat gigi bungsu miring. jadi saran harus ke drg Sp Bedah Mulut untuk ditangani dengan benar agar tidak berkembang menjadi infeksi

  160. Selamat siang Dok

    Gigi geraham bungsu sy sepertinya tumbuh (sebelah kanan bawah).
    Sy mengalami sakit nyeri sudah hampir 3 minggu dan pada gusi skrg terlihat seperti ada benjolan bengkak warna putih.
    Sy melakukan rontgen panoramic utk memastikan pertumbuhan gigi, dan sy lihat pertumbuhannya lurus tidak miring, namun terasa nyeri sudah hampir 3 minggu.
    Utk memastikan harus dioprasi atau cukup hanya pembelekan pada gusi, sy dapat mengirimkan foto rontgen panoramic via apa ya dok?

    Terima kasih
    Rafi Erhaga

  161. Assalamualaikum dok,.
    Dok, saya mau tanya. Kalau untuk biaya bedah mulut untuk gigi berpolip kira-kira berapa yah? Dan untuk perawatan gigi berpolip perlu dibedah kah?

    Terima kasih

  162. waalaikum Salam
    harus dilihat dengan jelas keadaannya, sebelum dicabut kemungkinan harus diberikan obat yang tepat dulu untuk menghilangkan infeksi yang kemungkinan sudah terjadi
    untuk jelasnya silahkan hubungi hotline Whatsapp di 08119141419

  163. maaf baru bisa balas,

    silahakan bisa hubungi hotline whatsapp di 08119141419 bisa kirim via Whatsapp hasil rontgennya untuk melihat sejauh mana pertumbuhan gigi bungsunya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *