Infeksi Gigi dan Mulut

Infeksi mulut menyebabkan bau mulut

Sakit gigi yang terus berulang yang sering di diamkan adalah ibarat bom waktu yang suatu saat bisa meledak. Seringnya pasien mencoba coba untuk menghilangkan sakit gigi dengan minum sembarang obat penghilang rasa sakit atau minum antibiotik tidak dengan dosis yang tepat, akan memperparah keadaan gigi tersebut. Banyaknya pasien yang datang kepada saya sudah dalam kondisi infeksi yang akut karna kasus “mencoba coba” seperti di atas, dan salah satu ciri khas dari infeksi selain gigi yang bengkak adalah bau mulut yang tidak hilang hillang.

Gigi dengan karies  (berlubang) yang diikuti dengan kematian pulpa dan infeksi di peripikal serta infeksi periodontal mempunyai potensi cukup besar untuk menyebar ke berbagai tempat dalam rongga mulu, muka dan lehar bahkan yang lebih serius berupa kompikasi seperti emboli piemia dan septikemia. Penyebab infeksi ini adalah  mikroba komensal dalam mulut yang kemudian menjadi patogen, yang penyebarannya dipengaruhi oleh meningkatnya virulensi mikroba dan menurunnya daya tahan tubuh penderita.

Infeksi  infeksi yang terjadi pada rongga mulut, muka leher ini yang bersumber pada infeksi gigi, memberika gejala yang cukup mencemaskan bagi penderitanya, seperti pembengkakan, trismus  sakit menelan atau bahkan sulit bernafas, dan bila tidak mendapatkan perawatan maksima bisa menimbulkan kompikasi yang lebih serius.

Pengobatan untuk infeksi infeksi ini  terdiri dari perbaikan keadaan umum penderita, menghilangkan rasa sakit, membasmi mikroba penyebab serta intervensi bedah untuk mengeliminasi sumber infeksinya.

Untuk dokter gigi yang menangani kasus infeksi ini, pengetahuan tentang mikro-organisme penyebab, perjalanan dan penyebaran infeksi , penting untuk dikuasai untuk dapat mendiagnosis penyakit dan menentukan pengobatan dan intervensi bedah. Demikian juga tantang antibiotika, penggunaannya pada infeksi odontogenik, harus cukup dikuasai untuk dapat memberikan pengobatan yang tepat adekuat.

42 Comments

  1. Dok, gigi aku banyak yang berlubang dan ada karang giginya padahal masih 15 tahun, gosok giginya juga rutin tapi memang setiap kali makan selalu ada yang nyangkut. Kira kira saya harus gimana? Saya jadi kurang pede karena gigi saya berlubang

  2. Saran saya coba hubungi dan konsultasi dengan dokter gigi spesialis Konservasi untuk menangani kasusnyua. agar dilihat dan dipelajari hingga diketahui penyebabnya.

  3. Dok, langit-langit mulut, dan sebagian dibagian gusi, setiap mengunyah makanan ada rasa nyeri luar biasa,kira2 sakit apa yang saya alami?
    Terima kasih dokter.

  4. dear Nadia Hanifa.
    keterangannya masih umum, belum bisa disimpulkan. sebaiknya konsultasi langsung ke dokter gigi terdekat agar di pelajari kasusnya.

  5. pagi dok, gigi bawah saya sangat berantakan tumbuhnya, dan sebagian besar sudah berlubang sampai kelihatan gusi. ini mengakibatkan bau mulut. saya berdomisili di papua. dan saya ingin merapikan gigi serta mengobati bau mulut ini. mohon solusinya

  6. Dear Agustina Eka Bulung,
    harus dilihat keadaan sejauh mana keadaan giginya, yang pasti gigi yang berlubang penyebab bau harus diatasi dahulu. Jika masih bisa diselamatkan dengan penambalan maka sebaiknya ditambal, namun jika sudah tidak bisa diselamatkan sebaiknya dicabut. merapihkan gigi bisa dilakukan dengan bermacam macam alternatif pengobatan tergantung keadaan kasus giginya. untuk itu sebaiknya bisa konsultasi ke drg terdekat di papuan.

  7. dok,gusi sy terdapat benjolan kecil dibelalang gigiseri disebelah bekas oprasi gusi sy dulu , dan sedikit sakit. sebelumnya saya habis operasi benjolan juga di lokasi yg sama ,benjolan yg lalu tidk sakit,yg kalo org awan bilang sejenis tumor kecil dimulut, sy lupa nama istilah kedokterannya. haruskah saya oprasi lgi dok untuk menghilangkam benjolan tsb? mohon balasannya

  8. harus dilihat dulu seperti apa benjolannya, jadi sebaiknya konsultasi langsung ke dokter bedah mulut terdekat. karena untuk mengambil kesimpulan harus dipelajari dan dilihat langsung keadaannya, tidak bisa dikira kira. mungkin juga akan membutuhkan foto Rontgen.

  9. Dok gigi seri kanan saya sakit. Disitu sebelumnya ada bekas tambalan. Gejala awalnya nyut-nyutan langsung sakitnya meningkat. Saya konsultasi ke dokter saat itu gusi masih tidak ada masalah. Setelah diberi obat keesokan harinya langsung bengkak ke bibir hingga ke bagian samping hidung. Sakit sekali dok ketika tertekan. Saya sakit apa dokter? Dan sebaiknya apa yang harus saya lakukan?

  10. Kemungkinan sudah infeksi saluran akar, saran saya segera ke dokter gigi terdekat agar segera diatasi masalahnya.jika sudah tidak bisa diselamatkan dengan perawatan saluran akar maka sebaiknya di cabut. hal seperti ini bisa menyebabkan abses dan menyebar ke gigi sampingnya.

  11. Dok,gigi saya ada yg berlubang trs wkt itu saya smpet tambal giginya.tpi setelah d tambal sakit gk hilang-hilang,itu knp y dok?mohon solusinya.

  12. Pagi dok, sya skrg lg mnglami skit gigi n posisiny lagi bngkak bnget.. udh kdkter gigi udh dksh obat n msh jg nyeri bgt smpe tlinga n leher sya skit trus kta dkterny klo msh jg skit tndkanny harus dioperasi krna titik skitny ada dbgian bawah gigi. Apakah tdk ad cra lain dok untuk ksus sya ini ?

  13. harus saya liat dengan bantuan foto rontgen untuk mengetahui kasusnya baru bisa mendapatkan kesimpulan cara pengobatannya. silahkan bisa menghubungi hotline via whatsapp di 08119141419

  14. Selamat malam dok
    Saya sakit gigi sudah 3 minggu tidak kunjung sembuh dan sekarang ini mulut saya tidak bisa terbuka seperti terkunci, jika dipaksakan dibuka sakit nya sangat hebat sampai ke kepala dan area kuping, saya sudah minum obat ponstan tpi tidak kunjung sembuh
    Mohon pencerahannya dok

  15. jika keadaannya sudah seperti itu sebaiknya segera ke dokter bedah mulut terdekat, jangan di tunda lagi. pemberian obat harus dilihat kasusnya. salah minum obat terutama untuk jenis antibiotik malah akan membuat keadaan semakin buruk.

  16. jika didiamkan kemungkinan infeksi, abses akan terjadi. abses bisa cepat menjalar ke jaringan yang sehat dan tentunya bisa merusak jaringan sehat dan gigi yang sehat disebelahnya.

  17. Dok sy umur 25 thn. Setahun lalu pernah cabut gigi bungsu geraham bawah. Tapi selarang tiba2 gusi beas cabutan sakit sekali seperti sakit gigi. Sudah 4 hari, sy ke dokter gigi katanya cuma karen gusinya bersentuhan dengan gigi atas waktu mengunyah. Sy sudah minum anti nyeri tp hanya bertahan beberpa jam setelah itu kembali sakit bahkan rongga mulut dan telinga sy sudah nyeri. Itu bagaimana dok. Mohon penjelasannya.

  18. dear Rani,
    harus dilihat struktur gigi geliginya dengan jelas, jika gigi bungsu bawah kanan memiliki lawan gigi bungsu atas kanan maka, ketika gigi bungsu bawah di cabut tentunya gigi bungsu kanan atasnya lama kelamaan akan turundan tentunya akan menjadi masalah baru. sebaiknya konsultasi dengan dokter bedah mulut terdekat agar diberikan solusi yang tepat untuk keadaannya.

  19. Dok… Saya sakit gigi udah 2th an .. saya rutin aja klo sakit minum flamigra ato sejenisnya.. skrg gigi yg. Berlobang itu keropos sedikit demi sedikit… Kadang juga klo ngunyah susah dok.. makan harus hati2 ngynyahnya juga… Pelan2… Pernah bengkak di leher dok dan susah nelan makanan…
    Pertanyaannya
    1. Apakah ada efek samping flamigra yg saya gunakan selama ini
    2. Apakan saya harus mencabut 4 gigi Graham saya yg bolong..
    3. Apakan bengkak di bagian leher blakang itu akibat sakit gigi?
    4 apa sebaiknya tindakan yg harus saya lakukan dok..
    Pas nulis ini pun saya lagi sakit gigi dok.. g pernah absen nyerinya
    Terima kasih dok

  20. Berikut adalah daftar efek samping yang memungkinkan yang dapat terjadi dari semua bahan-bahan konstitusi Flamigra Tablet. Ini bukanlah daftar yang komprehensif. Efek-efek samping ini memungkinkan, tetapi tidak selalu terjadi. Beberapa efek samping ini langka tetapi serius. Konsultasi pada dokter Anda jika Anda melihat efek samping berikut, terutama jika efek samping tidak hilang.
    Gangguan pencernaan, Gas, Mual, Diare, Sembelit, Sakit kepala.
    2. harus dilihat dulu keadaannya
    3.bagian belakang mana? kalau bagian leher yg sejajar dengan tulang belakan kemungkinan besar tidak ada hubungannya.
    4. sebaiknya segera ke dokter gigi terdekat. atau langsung ke drg sp, Bedah Mulut terdekat

  21. Dok, saya mau nanya. Gigi bungsu saya berlubang. Trus kondisinya sekarang saya hamil trimester pertama. Salah saya tidak mencabutnya ketika masih single. Nah, kemarin sakit gigi dan sakit kepala berturut-turut, kemudian mulut saya tidak bisa terbuka. Cuma bisa 1 jari saja. Kemudian saya ke dokter gigi umum, disana saya ditambal sementara, tetapi tidak diresepkan obat apa-apa. Lalu posisinya sekarang sudah 5 hari sejak penambalan. Gigi sudah tidak sakit lagi, tetapi mulut masih tidak bisa membuka. bawah rahang dagu samping kiri juga masih bengkak dan sakit kalau dipegang. Saya pun kesulitan menelan dan mengunyah makanan. Solusinya bagaimana itu dok? Saya harus periksa ke dokter spesialis bedah mulut atau Prostodonsia kalau seperti ini dok? Saya bingung.

  22. dear wawat,

    karena sudah terjadi pembengkakan dan kesulitan membuka mulut maka sebaiknya segera ke drg Sp Bedah Mulut terdekat untuk ditangani. takunya infeksi akan cepat menyebar hingga merusak jaringan sehat lainnya.

  23. Misi dok, gigi graham saya bolong , pdhl ga sakit gigi, tapi ko bengkak ya dok, tapi buat nelen makanan ga ngerasain sakit ,tpi bengkak di daerah dekat permukaaan leher saya dok. Sebelumnya terimakasih dok

  24. dear Nadya,

    Kemungkinan infeksi bisa saja terjadi, namun untuk memastikannya harus dilihat langsung dan kemungkinan akan ada foto Rontgen untuk membandingkannya. saran saya segera ke drg Sp Bedah Mulut atau drg SpKG terdekat

  25. Dok,,ayah saya seluruh bagian gusinya sudah hampir 1-2 bulan ini bernanah kira2 solusi yg bisa disarankan apa ya dok

    Makasih

  26. silahkan bisa datang untuk konsultasi langsung agar dilihat dan dipelajari kedadaanya, untuk kasus infeksi harus jelas, tidak bisa dikira kira. Hingga nanti dapat dketahui rancana penyembuhan kedepannya

  27. Dok, beberapa hari yg lalu, sy telah melakukan cabut akar gigi sebelah kiri bawah (nomer 3 dr belakang). Dan bagian yg dicabut masih sakit, bagian rahangnya (sy bingung menjelaskannya), sakit kalau mulutnya digerakin ke kiri. Kerasa bengkak, tapi gak bengkak. Lalu, saya ngerasa gigi ngilu bagian depan. Pdhl saya gak punya riwayat gigi sensitif. Tapi kalau dibuat makan atau sikat gigi, linunya ilang dok. Tapi kalau diam aja, kok ngilu gitu kayak ada benda yg bergesekan. Mohon pencerahannya, dok. Terima kasih, mohon maaf.

  28. harus dilihat langsung untuk mengetahui keadannya. sulit menebak nebak dengan keterangan seperti itu. sebaiknya konsultasi lengsung dengan dokter Gigi terdekat

  29. Halo dok,sy mau tanya, gigi kanan atas (2 dari belakang) saya sudah semingguan ini nyeri banget sampek nggak bisa dibuat ngunyah. Terus barusan 2 hari ini gigi nya sdh tdk nyeri tp menjalar ke gusi belakang dan pipi (agak bengkak) dibarengi dgn kepala pusing dan demam, dulu salah satu gigi dr belakang pernah ditambal. Trus sore ini sy abis dr dokter gigi utk kontrol behel dan kata dokternya kemungkinan krn bekas tambalan nya goyang gara” pemakaian behel dan dikasih resep pereda nyeri dan antibiotik, tp sy agak nggak percaya dok krn kl gigi goyang kan nggak sampek harus demam dok, kira” sy hrs gimana ya? Krn jd nggak fokus kerja gara” gigi nyut-nyut an terus. Makasih dok

  30. untuk kasus ini coba konsultasi ke drg Sp Konservasi mengenai tambalannya apakah masih bisa dilakaukan penambalan atau tida, kalau sudah tidak memungkinkan maka sebaiknya di cabut ke drg Sp Bedah Mulut

  31. Maaf dok kl kmren penjelasan sy krg lengkap, maksud sy yg goyang gigi yg ditambal bukan tambalannya, dan pertanyaan saya yg dicabut gigi nya kah? Terima kasih

  32. Dokter mohon informasinya , istri saya mengalami gigi bungsu tumbuh dan bengkak pada pipi , akibat nay sebagaian pipi nya bagain bawah bengkaksemua adakah solusi untuk menghilangkan bengkak pada pipi tanpa operasi ganti rahang. akibat luka dalam atau infeksi, di ronsen ada segumpalan darah itu yang g mengakibatkan bengkak..
    terima kasih dokter mohon saran nya,

  33. Kepada Pak Dody Alvin Ma Faza,

    dari keterangan diatas kemungkinan besar keadaannya sudah mengalami Infeksi. Untuk itu sangat saya sarankan segera ke Dokter Bedah Mulut terdekat, karena ada jenis obat yang bisa diberikan harus dengan resep dokter (tidak dijual bebas). untuk kasus ini biasanya akan diberikan obat selama 5 sampai 7 hari, setelah sembuh maka harus segera dilakukan pencabutan Gigi Bungsu. jangan ditunda lagi untuk melakukan pencabutan Gigi Bungsu jika sudah sembuh, karena pembengkakan bisa muncul kembali selama penyebab infeksi masih ada yaitu Gigi Bungsu yang tumbuh bermasalah.

  34. Terima kasih Ibu drg. Ika Ratna Sp.Bm
    atas saran nya , sayang nya drg spbm di jambi tempat saya tinggal hanya 1 , dan menyarankan kepada kami untuk ganti rahang,,,
    terima kasih drg Ratna atas info dan sarannya…!

  35. Bu Dokter kalo boleh tau apa nama obat nya, karna kalo ke dokter di tempat kami pasti di suruh operasi. mohon info nya bu , kami harapkan info dari ibu dokter..!

  36. untuk obat infeksi adalah termasuk dalam jenis obat obat yang harus dibeli dengan resep dokter. karena obat infeksi akan berbeda jenisnya tergantung dari kasus masing masing. jika pemberian obat nya salah maka kuman infeksi akan semakin berkembang, dan tentunya infeksi / abses pada gigi tidak kunjung sembuh

  37. terima kasih saran nya Dokter, Ini Sangat membantu saya dalam tahap penyembuhan istri saya…!

  38. Dok, saya sakit gigi seri atas kanan sebelah kiri dari taring kanan atas. Sudah pernah ditambal tapi copot. Sekarang saya hamil 7 bulan. Karena kemarin saya mengalami sakit pada kaki saya karena ligamen mengendur, maka saya mendapat resep pereda nyeri untuk sakit kaki saya tersebut. Setelah obat pereda nyeri nya habis. Tetiba gigi saya yang bolong tadi sakit luar biasa. Beberapa hari tidak sembuh. Dan setelah agak sembuh, ternyata pipi bagian kanan tepat disebelah hidung dan di bawah lingkar mata mengalami pembengkakan plus kepala yang pusing. Apa yang harus saya lakukan dok. Bengkak nya kalau dipencet keras dan seperti menjalar perlahan di tempat yang lebih luas. Terima kasih

  39. kemungkinan Infeksi sudah terjadi, untuk itu sangat saya sarankan konsultasi ke dokter gigi Spesialis Bedah Mulut terdekat agar diberikan obat yang tepat. jangan mencoba sembarang obat karena bisa memperburuk keadaan. ada jenis obat tertentu untuk mengobati kasus tersebut dan hanya boleh diberikan / dibeli jika ada diresepkan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *