Kapan Gigi Bungsu Harus di Operasi

Gigi geraham bungsu, atau wisdom teeth, tumbuh paling terakhir dari gigi lainnya, yaitu antara umur 17 sampai 21 tahun, bahkan tidak jarang ditemukan bisa lebih dari umur tersebut. Pertumbuhan Gigi geraham bungsu ini dapat menimbulkan rasa sakit  sementara waktu, Namun jika pertumbuhan Gigi geraham bungu tersebut miring atau tidak normal maka rasa sakit yang luar biasa akan terjadi.  

Hotline drg Ika Ratna Sp.BM 08119141419 via WhatsApp

Rasa sakit untuk kasus ini  timbul karena Gigi Geraham Bungsu sedang dalam proses untuk menembus tulang dan gusi untuk muncul ke permukaan, tidak jarang gigi geraham bungsu tersebut menekan gigi sebelahnya yang juga akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa.  Letaknya yang tidak normal juga menyebabkan adanya celah diantara gigi geraham bungsu dengan gigi sebelahnya yang dapat menjadi penyebab terjebaknya sisa makanan kedalam ruang tersebut dan sulit sekali dibersihkan karena tidak terjangkau oleh sikat gigi. Sisa makanan yang terjebak tersebut akan membusuk dan menyebabkan rasa sakit dan bisa menimbulkan lubang pada gigi.

Jika kamu mengalami rasa yang tidak nyaman akibat pertumbuhan gigi geraham dan ingin mencoba mengurangi sakitnya secara sementara, cobalah berkumur dengan menggunakan air hangat yang dicampur dengan garam. Tapi tetap harus  konsultasikan masalah ini ke dokter gigi sp Bedah Mulut agar mendapatkan perawatan yang sesuai. Karena penyebab utama rasa sakit ini harus segera di atasi.

Untuk menangani Gigi Geraham Bungsu miring / tumbuh tidak normal biasanya dilakukan pencabutan dengan Operasi atau pembedahan. Operasi Gigi Bungsu dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu Operasi Gigi Bungsu bius lokal, yaitu cukup dikerjakan di poli gigi saja dan bisa langsung pulang. Atau Operasi Gigi Bungsu Bius Total, yang dikerjakan di ruang Operasi besar dan harus dilakukan rawat inap minimal 1 hari untuk pemulihan.

Jika rasa sakit yang di derita sudah semakin parah dan berulang terus menerus, segera hubungi dokter bedah mulut terdekat agar segera diambil tindakan yang tepat.

Jadwal  Praktek drg Ika Ratna SpBM 3 lokasi

  1. RS Sentra Medika Depok, Jl Raya Bogor KM 33 Cisalak Depok (021) 8743790
  2. RS Grha Permata Ibu, Kukusan Beji Depok, Call / WhatsApp 089535372728
  3. Praktek Apotik Century, Jl Veteran Jakarta Selatan, Call/WhatsApp 08119141419

 Semua jadwal dengan perjanjian terlebih dahulu

 

Map RS Sentra Medika Depok

 

Map RS Grha Permata Ibu Depok

 

Map Lokasi Apotik Century jalan Veteran Bintaro Jakarta Selatan

<

176 Comments

  1. Pagi dokter,

    gigi geraham saya yang tumbuh belakangan ini seperti mendorong gigi sebelahnya.
    kalo pas terasa, sakitnya sampai ke kepala. apakah pertumbuhan gigi bungsu saya ini normal dok?

    terimakasih

  2. Selamat pagi Ibu Ramanda,

    Dari keterangan ibu mengenai gigi bungsunya, besar kemungkinan pertumbuhannya tidak normal. Sebaiknya Ibu konsultasikan ke dokter bedah mulut setempat untuk bisa di tangani.

  3. Salam Dokter,

    Gigi Bungsu saya kata dokter gigi berada di belakang dan dalam sekali kemungkinan menempel dengan syaraf gigi (saya gak tahu istilah kedokterannya). Dokter gigi tersebut menyarankan untuk dicabut oleh dokter spesialis Bedah Mulut.

    yang mau saya tanyakan apakah posisi Bigi Bungsu saya tersebut berbahaya atau akan menimbulkan masalah dok kalau di diamkan?

    walaupun masih jarang tapi sekarang sudah mulai terasa sakit, apakah pengangkatannya harus di bius total untuk kasus Gigi Bungsu saya ini?

  4. wlkm Salam Renata,

    dari keterangan Gigi Geraham Bungsu yang di atas tidak masalah jika di diamkan jika tidak sakit, karena pengangkatannyapun sangat berresiko seperti akan terjadi sedikit kebal di sekitar mulut sekitar 1 bulan / 3bln bahkan bisa 6bln lebih tergantung kondisi individu pasien, tapi jika gigi tersebut mulai terasa sakit sampai mengganggu aktifitas maka pencabutan gigi geraham bungsu tersebut harus segera dilakukan.

    sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter bedah mulut terdekat agar dilihat kasusnya lebih akurat hingga akan dicari solusi untuk kasus gigi geraham bungsu tersebut.

  5. siang dokter ratna, saya roy umur saya 35 tahun, saya minggu lalu telah scan gigi panoramic dan menurut dokternya gigi bungsu saya muncul diatas gusi tapi posisinya miring dan menyentuh gigi geraham kedua/depannya, sehingga ada celah sedikit buat tumbuh bakteri yg bisa merusak gigi didepannya.dan memang 1 minggu lalu itu gigi geraham kedua saya itu linu dan sakit sampai leher dan kepala saya ikut sakit juga, tapi gigi bungsu saya tidak sakit dan sampai sekarang ini tdk ada gejala dari posisi gigi bungsu yang miring tsb. lalu dokter tersebut memberikan 2 pilihan kepada saya apakah gigi geraham kedua itu mau dicabut ataukah tetap dipertahankan dengan cara mengikis sedikit sisi gerahamnya lalu diobati katanya dok. terus terang dok saya paling takut dengan 2 pilihan itu dok, karna itu sementara saya minta resep obat aja untuk meredakan nyerinya dan dokter tersebut bilang kalau sudah yakin silahkan datang, menurut dokter ratna sekilas pilihan manakah yang harus saya ambil karena saya bingung dok.oya dok hasil panoramic itu pertemuan gigi bungsu dan digeraham kedua saya itu warna hitam tapi tidak banyak, dan dokter tsb bilang dikikis atau dicabut ? demikian dok, maaf curhatnya panjang 🙂 terima kasih atas jawabnnya dok .. salam

  6. Kepada Pak Roy,

    Sebenarya sulit bagi saya jika tidak melihat langsung dan melihat hasil Panoramic, biasanya solusi yang saya lakukan untuk kasus dengan kondisi seperti pak Roy adalah mengangkat gigi bungsu yang miring tersebut. jika keluhannya adalah sakit dan linu sampai leher maka kemungkinan besar adalah sakit karena dorongan gigi bungsu tersebut ke gigi geraham sebelahnya. jadi yang yang di angkat adalah penyebab dari rasa sakit tersebut yaitu dengan mencabut gigi geraham bungsunya.

    untuk mendukung kesimpulan sementara sy, bisa Pak Roy foto hasil panoramicnya dan kirim ke alamat email saya, nanti akan saya baca hasilnya dan jelaskan lebih detail via email

  7. Malam menjelang pagi dok, gusi saya luka (seperti sariawan tp lukanya dalam) di belakang geraham bawah dan ini sering saya alami. masalahnya saya sendiri blm tau penyebabnya kenapa dan blm konsultasi ke dokter. Apakah mungkin luka spt ini akibat gigi bungsu yg tumbuh tidak normal? karena posisi gigi bungsu saya miring. Luka nya ini sakit luar biasa sampai pipi bengkak dan gigi disekitarnya ikut sakit. Mohon bantuannya ya dok, terimakasih

  8. Selamat pagi Gita,

    dari keterangan di atas kemungkinan besar penyebabnya adalah dari gigi bungsu yang pertumbuhannya tidak normal, tapi untuk memastikannya harus dlihat langsung dengan didukung foto Rontgen. Jika penyebab utama adalah gigi bungsu maka gigi bungsu tersebut harus segera di cabut agar tidak menimbulkan keadaan yang lebih memburuk.

  9. Selamat malam dok,
    Saya lizy 26 thn sudah 3 Hari mengalamin pusing yg berlebihan bahkan mengakibatkan leher belakang Dan pundak tegang.
    Setelah sy ke dokter, analisa berasal dr pertumbuhan Gigi, setelah dirontgen. Dokter ttp mengajukan sy utk bedah mulut, ttp pusing sy sudah banyak berkurang. Yg saya tanyakan, apakah perlu Dan tetap sy melakukan bedah mulut? Dan jika tidak melakukan tindakan, apakah hal pusing seperti yg sy alami akan kumat lagi ya dok?
    Bagaimana anjuran Dr dokter? Terimakasih.
    Best regards

  10. Dear Lizy,

    dari keterangan diatas mengenai sakit kepala berlebihan sampai leher belakang dan pundak tegang adalah ciri ciri khas sakit yang diakibatkan dari pergerakan gigi bungsu yang tumbuh miring dan menabrak gigi sebelahnya. Jika kejadiannya sudah demikian maka sebaiknya gigi tersebut dicabut. Gigi bungsu akan terus bergerak dan menekan gigi sebelahnya, jadi sangat besar mungkinannya akan sakit lagi dengan rasa sakit yang sama bahkan bisa lebih sakit. jika terus didiamkan dalam waktu lama tidak menutup kemungkinan akan terjadi pembengkakan dan infeksi. Jadi saran saya sebaiknya segera di cabut sebelum sakitnya meluas.

  11. Dok kl gigi bungsu tumbuh trus mlukai kulit dpinggirnya smp ada luka sperti sariawan.saya skrg tdk bs mngunyah krn wlpn mngunyah di sisi yg sblh ttp saja kgerak2 jdnya sakit…bgmna y dok .tp giginya muncul dgn posisi tertidur stelah drontgent.mhn bntuannya dok

  12. untuk menangani hal tersebut harus segera di angkat gigi bungsu yang bermasalah tersebut

  13. pagi dok, saya pria umur 25 tahun, saat ini ada gigi geraham bungsu yang sdh tumbuh di posisi kanan bawah,posisinya agak miring dan bentuk masih kecil sprt butir jagung ketika diliat dengan mata kepala. 3bulan lalu gak sakit kok, tapi akhir2 ini gusi disekitarnya agak terasa bengkak kalo. kira 2 itu wajib dicabut gak ? berapa total biaya utk pencabutan.
    mohon bantuannya

  14. kepada pak Agus,
    sepertinya pertanyaannya sama dengan konsultasi via email, sudah saya jawab ya pak Agus. Terimakasih atas kepercayaannya

  15. Selamat sore dok, maaf mengganggu wktuny. Saya mw bertnya dok.
    Sekitar 2 minggu yg lalu saya merasa sakit sebelah kanan pada saat membuka mulut lebar. Saya berobat k puskesmas bagian poli gigi, trus dokternya blng klu gigi geraham saya sebelah kanan paling blkng mw tumbuh, tpi tumbuh tdk normal sebaikny d buang dgn cara operasi. Terus saya berobat lagi dgn dokter gigi lain, trus dokterny jg blng hrus d buang. Tapi saya takut dgn operasi dok. Saya tdk merasakan sakit d bagian gigi saya yg tumbuh tdk normal it dok, tpi d bagian gigi saya it bengkak, dan klu buka mulut lebar terasa skit d pipi sblh kanan. Menurut dokter, apakah gigi saya mmg hrus d buang dgn operasi? Jika tdk d operasi apakah akn menimbulkan masalh dan jika operasi ny sekitar 3 bln lg dilakukan apakah akn menimbulkn penyakit lain?

  16. jika keadaan gigi bungsu sudah mengganggu apalagi disertai bengkak maka sebaiknya cepat di angkat, karena jika tidak segera di angkat maka rasa sakit akan semakin hebat dan tidak menutup kemungkinan terjadi masalah baru yaitu infeksi serta terjadinya abses.

    tidak usah khawatir mengenai operasi gigi bungsu. ada 2 tindakan operasi yang bisa dilakukan yaitu operasi dengan bius lokal dikerjakan di ruang poliklinik saja dan bisa langsung pulang, atau dengan bius total yang dikerjakan di ruang operasi. hal tersebut tergantung tingkat kesulitan kasusnya.

  17. dok saya rencananya mau pasang implan gigi di sebelah kiri. tapi karena gigi yang mau dipasang implan itu dicabutnya sudah lama (sekitar 1 tahun),dokter gigi saya yg memeriksa mengatakan ada jarak diantara gigi yang ompong dan gigi sebelahnya karena gigi sebelah bergeser dan gusi jadi turun. kira2 bagaimana ya dok solusinya untuk jarak antar gigi tsb? masih bisakah nanti saya di implan? karena dari dokter gigi itu saya hanya dikasih obat pereda nyeri untuk nyeri gigi yang berjarak tsb

  18. Dear Nia,
    1 tahun pasca pencabutan jarak yang cukup untuk dipasang implan, tapi memang harus dilihat juga keadaan gigi disekitarnya. saya belum bisa menarik kesimpulan mengenai ini sebelum melihat langsung keadaannya dibantu dengan XRay untuk melihat keadaan tulangnya, jika ada waktu silahkan bisa datang untuk konsultasi dahulu agar bisa saya pelajari kasusnya.

  19. Dok gigi bungsu saya bawah kiri tumbuh miring yang akan saya tanyakan selama 2 minggu ini saya nyeri kepala apakah itu akibat dari gigi bungsu yang menekan syaraf?

  20. kemungkinan sakit kepala tersebut bisa disebabkan dari pertumbuhan gigi bungsu yang miring, lebih tepatnya bukan menekan syaraf tapi mendorong gigi sebelahnya karena tidak ada ruang bagi gigi bungsu tersebut untuk muncul ke permukaan gusi. dorongan yang pasti terjadi akibat pertumbuhan gigi bungsu ini yang bisa menyebabkan sakit kepala, migran, leher kaku sampai pundak bahkan dibeberapa pasien bisa mengalami demam. sebaiknya konsultasikan keadaannya ke dokter gigi spesialis Bedah Mulut terdekat agar bisa segera ditangani

  21. Dok gigi graham belakang saya tumbuh setengah baru tiga hari tapi gusi sudah membengkak, radang tenggorokan juga, peluang lebih besarnya harus diangkat ya dok? Saya belum sempat periksa

  22. Dear Farhan,

    Kemungkinan besar harus di angkat / cabut gigi eraham bungsunya. untuk memastikannya harus dilihat dan di pelajari dengan bantuan foto Rontgn Panoramic agar diketahui arah pertumbuhannya.

  23. malam dok,
    untuk cabut gigi geraham bungsu atas sebaiknya saya ke spesialis bedah mulut atau cukup ke drg saja dok?
    trm ksh

  24. Dear Yani,
    Keahlian dan keterampilan tiap dokter berbeda beda, untuk itu sangat disarankan pencabutan gigi geraham bungsu dilakukan oleh dokter gigi yang berkompetensi dalam bidangnya, dan dalam hal ini adalah dokter spesialis Bedah Mulut. Namun semua dikembalikan kepada pasien untuk menilai dan memutuskan.

  25. Malam dok, saya annisa berumur 19th saya sudah mengalami yang namanya tumbuh gigi bungsu kedua nya, tapi gigi bungsu yang sebelah kanan saya terasa nyeri dan sakit pengen mati dok.. sudah konsultasi ke klinik dokter di tempat tinggal saya, katanya sayang di cabut takut pipi nya turun karena kamu masih muda, padahal yang saya rasakan sakit, bau mulut dan selalu berdarah di dekat gigi bungsu itu dok, menurut dokter bagaimana dok? saya stres dok padahal minggu besok mau uas jadi gak konsentrasi buat belajar dok.. trims dok 🙂

  26. Dear Annisa Alifia,

    Jika pertumbuhan gigi bungsu Annisa bermasalah dan sudah menjadi penyebab sakit yang luar biasa, maka sebaiknya dicabut. Untuk masalah gigi bungsu ini sebaiknya segera konsultasikan ke dokter gigi spesialis bedah mulut terdekat yang memang kompeten dalam hal ini. Yang penting harus diketahui dan dipastikan dulu penyebab utama sakitnya, jika penyebabnya sudah diatasi mungkin nantinya akan ada alternatif perawatan gigi yang lain jika diperlukan.

  27. pagi dok,
    Saya perempuan berusia 35 th. sedang mengalami tumbuh gigi bungsu belum sampe menembus gusi tetapisakitnya sampe ke telinga dan leher, saya sudah konsultasikan ke dokter gigi dan sudah scan panoramic hasilnya gigi saya mengalami impaksi dengan periodentitis di geraham kiri bag. atas dan bawah dan menurut dokter gigi saya harus dioperasi semua, yang saya tanyakan apa itu impaksi dengan perodentitis dan berbahayakah mencabut gigi bungsu atas? terima kasih sebelumnya atas jawabannya…..

  28. Dari keterangan diatas berarti gigi bungsu kiri atas dan bawah kemungkinan besar harus di cabut agar sakit yang dirasakan saat ini tidak berulung dan menghindari infeksi yang bisa saja terjadi. pencabutan gigi bungsu atas tidak berbahaya, namun sebaiknya pencabutan dilakukan oleh drg spesialis Bedah Mulut yang memang kompeten dalam bidangnya. mingkin itu keterangan yang bisa saya berikan, untuk lebih jelasnya harus melihat langsung dibantu dengan hasil Panoramic nya. silahkan bisa capture hasil panoramicnya bisa kirim ke email saya atau via Whatsapp di HOTLINE 08119141419

  29. Assalamualaikum….dok,anak saya mau di bedah mulut,karena ada gigi tumbuh tidak pada tempatnya.di bagian atas depan.dokter menyarankan di operasi dgn bius total.karena anak saya baru 10tahun.yg jadi masalah,sebekum di operasi,anak saya demam dan pilek,bolehkah operasi tetap dilanjutkan? Terimakasih…..

  30. Waalaikum salam
    Sebelum operasi sebaiknya kondisi tubuh dalam keadaan fit, tentunya nanti dokter akan mempertimbangkan keadaan anak ibu sebelum melakukan operasi

  31. Ass dok..
    saya cewek berusia 28. 5 tahun lalu kurg lebih th 2012 sy pernh rontgen gigi untuk cabut gigi.. hasil rontgen terlihat ada gigi bungsu 2 tumbuh diatas dan 2 dibawah yang udah besar tapi tidak keluar sama sekli karena rahang gigi tidak cukup. Tetapi dokter tetap menyarankan untuk dilakukan operasi pengangktan gigi ini takut memberikan efek lain. Dan smpe sekrng saya tidak membuang gigi ini karena tidak pernh ada masalah sekalipun. nah dok, pd th 2013 saya pernh mengalami mata saya sakit seperti syaraf mata ditekan, info spesialis mata hanya karena capek tp itu sering terjadi dok dan saya sekarang jg mudah banget kena sakit leher habis bangun tidur seperti syaraf leher ketarik. Pd th 2016 awal saya pernh mengalami vertigo. Dan menurut dr spesialis syaraf disebabkan karena kelelahan atau setress saja karena berdasarkan rontgen kepala semua bagus.. yg saya mau tau Dok, apakah gejala sakit mata, syaraf leher dan vertigo yg sering saya alamai bisa disebabkan karena gigi ini yg kmngkinan menekan syaraf yg lain dok? Mohon info dan sarannya.. maaf ya dok panjang bgt heheh wass..

  32. wa alaikum salam,

    masalah mata dengan gigi bungsu tidak ada hubungannya, begitupula vertigo. otot leher terasa pegal bisa saja berhubungan dengan gigi bungsu yang miring tersebut, apalagi jika disertai sakit kepala atau migran yang terkadang sakit, terkadang sembuh timbul tenggelam.

    tidak ada salahnya gigi bungsu tersebut di cabut apalagi diusia hampir 30 tahun, tentunya pertumbuhan gigi bungsu yang miring tersebut akan semakin terdorong keluar dan mendesak gigi sebelahnya yang bisa menimbulkan sakit.

  33. Mohon sarannya. Saya umur 23th. Kasus yg sedang sy alami gigi bungsu kiri bawah tertutup gusi dn tumbuh setengah sja, skrang bengkak dan kadang sesekali keluar darah (mungkin tdak sengaja tergigit saat tidur) dan dokter gigi menyarankan utk oprasi kecil gigi yg bawah (tp sy takut) jd dokter kasih altrnatif cabut gigi yg diatasnya persis (spya tdk kegigit terus gusi bawah). Menurut ibu apa tdk masalah jika lebih memilih cabut yg atas ya? (Tp sy belum kontrol lg kondisi gigi atas karna masih penyembuhan gusi bengkak sekarang ini) Trima kasih.

  34. karena yang bermasalah gigi bungsu maka harus dicabut gigi bungsu yag bermasalah tersebut. sebaiknya segera konsultasi ke dokter gigi spesialis bedah mulut untuk menangani gigi bungsunya.

  35. Dok saya ingin bertanya, gusi di daerah gigi bungsu saya tiba tiba membengkak dok, ap yg harus saya lakukan dok

  36. coba di perikasa oleh dokter bedah mulut terdekat. jika disebabkan oleh gigi bugnsu yang tumbuhnya miring maka pembengkakannya akan disembuhkan dulu dengan beberapa jenis obat, setelah sembuh makan gigi bungsu tersebut harus segera dicabut agar tidak terjadi pembengkakan kembali

  37. Assalamu’alaikum dok,

    saya Ranty, usia 26th. 3 hari ini saya mengalami sakit berdenyut di kepala bagian belakang sebelah kiri (seperti migrain).
    3 hari lalu gigi geraham bungsu saya sebelah kiri bawah (belum tumbuh sempurna) , gusinya agak terbuka dan sedikit sakit, tapi hanya 1 hari saja seterusnya sampai hari ini tidak sakit gusi/giginya.

    yg mau saya tanyakan dok, apakah migrain ini disebabkan gigi bungsu saya yg menabrak gigi lainnya?

    mohon pencerahannya dok, saya bingung harus ke dokter gigi atau ke dokter syaraf dulu

    terimakasih banyak sebelumnya

  38. Waalaikum salam,
    sepertinya (kemungkinan besar) sakit berasal dari gigi bungsu. sebaiknya ke dokter gigi Sp Bedah Mulut terdekat dahulu untuk diperiksa pertumbuhan gigi bungsu nya.

  39. Saya baru saja perawatan gigigeraham belakang,appakah nanti setelah ditambal pakai komposit kalau tidak dirawat atau gosok gigi warna berubah ?
    Trimakasih

  40. dear,
    mohon maaf untuk kasus tersebut bisa ditanyakan ke dokter gigi yang kompeten. karena saya hanya menangani kasus kasus Bedah Mulut sesuai dengan kompetensi saya.
    untuk tema Post ini adalah operasi gigi geraham bungsu, jadi sebaiknya pertanyaannya mengenai operasi gigi bungsu, atau keluhan mengenai gigi bungsu
    terimakasih

  41. aku mau tanya nih dok, umurku udah 22th tapi apakah masih mungkin untuk tumbuh gigi ? karna digeraham seperti muncul benjolan putih layaknya tumbuh gigi baru.

  42. Gigi Geraham Bungsu Bisa Mulai Tumbuh pada usia 22 tahun. untuk mengetahui kasusnya dengan jelas maka sebaiknya konsultasi langsung ke dokter Bedah Mulut terdekat.

  43. Dear Melati Rahayu Riztri,
    untuk Gigi Geraham Bungsu tersebut harus dilihat lansung dan di bantu dengan foto Rontgen Panoramic agar bisa diketahui kasusnya dengan jelas.sebaiknya konsultasi langsung ke dokter bedah mulut terdekat agar diberikan solusinya

  44. pagi dok saya tika 23 thn
    sekitar 10 tahun lalu saya mengalami kecelakaan yang mengharuskan saya di oprasi dan harus di pasang pen di bagian rahang sebelah kiri dan di dekat dagu sebelah kanan ..
    nah akhir akhir ini sering ngilu dok dan di bagian kiri paling ujung gusi saya membuka sedikit dan ada warna putih seperti gigi dan sering kemasukan makanan dok dan rasanya itu ngilu .. nah pertanyaan saya dok berpengaruh nggak dok pasang pen di rahang dengan pertumbuhan gigi graham saya ? karna saya takut dok kalo harus di oprasi lagi ..

    trimakasi dok sebelumnya mohon di jawab pertanyaan saya

  45. dear Kartika Putri,

    kemungkinannya kecil sekali pen mempengaruhi pertumbuhan Gigi Bungsu, saran saya sebaiknya periksakan keadaan Gigi Bungsu nya ke drg Spesialis Bedah Mulut terdekat. Foto Rontgen Panoramic dibutuhkan untuk melihat keadaan pertumbuhan Gigi Bungsu tersebut.

  46. Slmt pagi dok. Saya eva abis melakukan operasi gigi graham kanan kiri. 3 hari yg lalu. Cara menghilangkan rasa sakit dan bengkak nya gimna ya dok? Dan sakit juga di bagian tenggorokan ktika menelan. Bagaimna kah cara merawat nya dok. Blh minum air hangat untuk mnghilng kn sakit di tenggirokan nya?

  47. Salam DrIka, saya rina mau tanya suami saya mempunyai gigi geraham bungsu dibawah yg tdk normal dgn kata lain miring ini baru diketahui skrg ini saat dia berusia 48 th dok ketika ia periksa giginya dan disuruh ronsen dan dia sdh dironsen saat ini selama ini ia sering mengeluh pada tenggorokannya ktnya sperti menelan ada benjolan dan menyebabkan sering sesak napas dan lemas dok bahkan suami saya sempat dicat jantung dok tp semuanya normal sdh kami periksa semua dikatakan normal tdk ada penyakit sampai kami ke dr tht dan tdk ditemukan penyakitnya jg namun belakangan kami dianjurkan ke dr gigi setelah diperiksa ternyata ada gigi geraham yg bungsu posisinya miring menyebabkan mendorong gigi geraham yg depannya terdorong yg mau saya tanyakan apakah semua keluhan penyakit suami saya itu disebabkan krn gigi dok dan apakah diusia 48 th ini saat dioperasi tdk beresiko dokter apakah tdk ada jalan lain selain operasi ya dok. Saya mohon penjelasan dr ttg ini sekian dan terimakasih

  48. salam bu Rina,
    untuk mengangkat gigi bungsunya memang harus dengan pembedahan / operasi. operasi bisa dilakukan dengan bius lokal dikerjakan di poliklinik saja dan bisa langsung pulang, atau bisa dilakukan dengan bius total tergantung kasusnya. jika berkenan silahkan bisa di foto rontgennya kirim via email atau whatsApp di hotline 08119141419

  49. Assalamualaikum dok saya tika 19 tahun
    gigi bungsu saya tumbuh miring di bagian kiri atas dan itu sudah mengenai bagian dalam mulut sampai pipi saya sakit dan tidak bengkak tapi gigi tidak sakit yang sakit hanya daging dalam mulut yang kena. itu gimana dok? terima kasih sebelumnya

  50. jika Gigi Bungsu tumbuh miring sudah bermasalah seperti itu maka sebaiknya segera di cabut. saran saya sebaiknya konsultasi langsung ke dokter bedah mulut terdekat

  51. Malam dok,, saya deddy 32th,
    Saya punya masalah dengan gigi saya, gigi geraham saya sudah hancur dan bolong sering di lidah berasa rasa yg tidak enak klo saya pegang bau nya tidak sedap, ketika saya sikat gigi pun tercium bau busuk, gusi saya bengkak stiap hari saya mengkomsumsi obat nyeri KETESSE untuk meredakan rasa nyeri..

    Menurut dokter apa yg harus saya lakukan

    Terima kasih

  52. kepada Deddy,
    jika keadaannya sudah demikian maka sebaiknya segera ditangani jangan didiamkan terus. jika sudah tidak bisa ditambal maka sebaiknya di cabut agar menghindari infeksi yang bisa saja terjadi

  53. biya Cabut Gigi Bungsu bius lokal di FKG Universitas Prof DR Moestopo sekitar 2,2juta sampai 3 juta. silahkan untuk lebih jelasnya bisa menghubungi hotline call / whatsapp 08119141419

  54. Assalamualaikum, dok. Apa dokter Ika praktek di RS Sentra Medika Depok? Mau tanya biaya operasi cabut gigi di RS tsb berapa ya dok? Bisa langsung di operasi setelah diperiksa atau kembali lagi beberapa hari lagi untuk operasi?

  55. waalaikum salam,

    Saya praktek di Rumah Sakit Sentra Medika Depok, jika keadaan gigi bungsu nya tidak sedang sakit atau meradang bisa langsung di cabut saat itu juga.biaya Operasi Gigi Bungsu bius lokal di RS Sentra Medika sekitar 2,5 Juta sampai 3 jutaan. untuk lebih jelasnya silahkan bisa ditanyakan langsung mengenai tindakan Operasi Gigi Bungsu ke Rumah Sakit Sentra Medika Depok langsung

  56. Sore dokter
    Saya mau tanya 2 hari lalu saya habis oprasi gigi bungsu.. yang saya bingungkan kenapa setelah 2 hari ini lidah saya masih terasa kebas dan seperti kesentrum dan kesemutan padahal obat bius juga sudah ga ada dan pipi sudah mulai bengkak
    Menurut dokter apakah saya prrlu pergi periksa lg atau menunggu jahitan di copot?
    Apakah kejadian ini sering terjadi pada pasien dok? Penyebabnya apa?

  57. pasca Operasi Gigi bungsu ada masa masa pemyembuhan luka, jika keadaanya seperti diterangkan di atas bisa konsultasi ke dokter yang mencabut. bisa segera atau bisa menunggu sampai waktunya kontrpl

  58. selamat malam bu Dokter drg Ika Ratna Sp.BM, saya ingin melakukan implan gigi total di rahang bawah, kira2 brp biaya total. tks

  59. Halo dok, saya punya masalah dgn gigi saya. Akhir-akhir ini antara gigi geraham saya sering terselip makanan. Dan lama kelamaan gusi antara gigi geraham saya terasa sangat linu hingga saya demam. Jd terdapat “celah” di antara gigi geraham saya. Saya sudah pernah ke dr gigi, tetapi katanya bukan gigi berlubang, tdk bisa ditambal dan tdk bisa diberi obat apa-apa karena bukan gigi berlubang. Dan katanya rajin sikat gigi saja. Tapi kotoran yg ada pada celah antara gigi geraham ini susah dijangkau sikat gigi, saya sering mengeluarkan kotoran yg menumpuk pada celah antara gigi geraham ini dengan jarum. Padahal dgn ditusuk jarum dpt menyebabkan semakin lebarnya celah antara gigi. Lalu saya hrs bagaimana? Krn saya pernah dtg ke dr.gigi dkt rumah saya tdk bisa dilanjuti apa2.

  60. selamat malam,
    untuk biaya implan gigi silahkan bisa konsultasi via whatsapp di 08119141419, Sepertinya pak Victor sudah menghubungi nomor tersebut. terimakasih

  61. kalau penyebab celahnya antara gigi bungsu dan gigi geraham maka sebaiknya oigi bungsu tersebut harus dicabut. tapi kalau bukan harus dilihat lagi keadaannya langsung. saya belum bisa memberikan keterangan banyak untuk kasus ini sebelum melihat langsung

  62. Selamat sore bu dokter saya mau tanya dok, gigi geraham saya tumbuh dan sakit nya luar biasa dan gusi saya juga bengkak dan bernanah apakah itu sudah berbahaya dok?
    Thanks

  63. waalaikum salam,
    jika keadaan gigi bungsu yang tumbuh sudah sangat mengganggu, apalagi sudah disertai nanah maka harus segera dicabut. keadaan tersebut akan berbahaya jika terus didiamkan.

    sebaiknya segera untuk menghubungi dokter gigi spesialis bedah mulut terdekat

  64. Maaf dok.say bermasalah dengan gigi graham saya.dan sudah tercabut scara perlahan akibat kerusakan.dan saya ingin menggantinya dgn geraham palsu berapa kisaran harga dan biaya nya dok
    Saya domisili jakarta pusat

  65. mengenai gigi geraham yang sudah tercabut bisa diganti, namun saya hanya mengerjakan kasus pembedahan di sekitar mulut sesuai dengan kompetensi kedokteran yang saya miliki. untuk kasus pengganti gigi Geraham tersebut hanya mengerjakan kasus Implan Gigi. silahkan bisa ditanyakan lebih lanjut mengenai biaya implan di Hotline saya call / Whatsapp 08119141419.
    terimakasih

  66. Selamat siang dokter Ika. Saat ini usia saya 48 tahun. Sudah sekitar 2-3 bulan ini saya mengalami keluhan gigi dibagian bawah sebelah kiri yang kadang sakitnya muncul dan kadang hilang. Rasa sakitnya nyeri dan nyut-nyutan bahkan sekarang ini timbul bengkak di bagian pipi kiri saya. Sebelumnya saya berobat melalui beberapa rujukan dan terakhir di rujuk ke RS Mintoharjo, namum sampai saat ini belum saya lakukan. Dari dokter ladogi yang merujuk sebelumnya disebutkan diagnosanya adalah 38 impaksi dalam. Dari hasil panoramic, yang saya lihat gigi bungsu saya tumbuhnya normal-normal saja, tapi kenapa kok muncul rasa sakit yang sangat ya? Apakah dalah hal ini perlu dilakukan operasi gigi bungsu tersebut? Jika di perlukan saya kirimkan hasil panoramic saya. Terimakasih dokter.

  67. Selamat siang dok..

    Saya ingin bertanya
    saya punya gigi bolong pada area gramham belakang (sdh sekitar 5thn lebih) dan timbul gusi ditengah” bolong nya.. sering kali mengeluarkan darah yang cukup banyak..

    apa itu berbahaya dok?

  68. dear Shifa,

    Jika keadaan gigi geraham belakan sudah seperti itu sebaiknya segera ke dokter gigi terdekat untuk diberikan obat dan diberikan tindakan, keadaan tersebut sudah infeksi dan tidak menutup kemungkinan bisa terjadi abses atau nanah dan bengkak. tentunya akan sangat berbahaya jika terus didiamkan.

  69. kepada pak Atang Windarto,
    Jika diagnosa dokter gigi sebelumnya menyatakan impaksi gigi 38 maka yang jadi masalah adalah gigi bungsu yang berusaha keluar dari tulang, jika memang sudah didiagnosa bermasalah maka harus segera di angkat gigi bungsu nya agar tidak terus menimbulkan sakit dan infeksi yang bisa saja terjadi. Ada ilmu tersendiri dalam membaca hasil rontgen untuk melihat pergerakan gigi di dalam tulang. silahkan bisa kirim via email atau hubungi hotline di Whatsapp untuk respon cepat di 08119141419

  70. selamat sore dok, umur saya 20 tahun. saya punya gigi geraham belakang yang sudah tinggal mahkotanya saja, tapi gigi tersebut tumbuh gigi bungsu yang baru muncul sekitar 2 mingguan. awalnya biasa dok tapi lama-lama saat menutup mulut biasa gigi bungsu tersebut seperti tertekan gigi atasnya dok. dan kadang jadi terasa sakit, kalau untuk makan juga sakit dok. kira-kira harus dioperasikah dok? tolong sarannya ya dok. Terimas Kasih.

  71. dear Livia,
    jika keadaan gigi bungsunya sudah mengganggu maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter gigi sp Bedah mulut langsung untuk dilihat keadaan pertumbuhannya. pertumbuhan gigi bungsu harus dilihat dengan foto Rontgen Panoramic. jika keadaannya miring maka sebaiknya segera dicabut

  72. Hallo dokter,saya indah gigi bungsu bawah saya tumbuh tidak sempurna,setengah gigi dan setengahnya masih tertutup gusi sedangkan yang di atas sudah tumbuh sempurna,jadi setiap saya makan sering ngilu,apa saya harus melakukan operasi kecil untuk mengangkat setengah gusi yang tersisa?
    Usia saya 23th skrg.
    Mohon sarannya terima kasih.

  73. dear Indah,

    Jika keadaan Gigi Bungsu yang tumbuh miring tersebut sudah mulai mengganngu maka sebaiknya segera dilakukan pencabutan Gigi Bungsu.

  74. Assalamualaikum dok, saya mau nanya nih dok
    Gigi geraham bawah saya kan bolong ,trus waktu saya sikat gigi gompal setengah dok
    Apa perlu setengahnya lg di cabut dok ? Nyiksa bgt soalnya ada sisa gigi yg lancip gitu dok .
    Trus ada efeknya ga kalo di cabut ?
    Terimakasih jawabannya dok
    Wassalamu’alaikum

  75. Waalaikum salam Fani Ratnasari,
    jika keadaan Gigi Geraham sudah seperti itu saran saya dicabut, infeksi bisa saja terjadi jika didiamkan. jika sudah terjadi infeksi dan terus didiamkan maka abses / nanah akan muncul dan menjalar merusak ke jaringan sehat lain, tentunya mulut juga akan mengeluarkan bau yang tidak sedap. bagian yang tajam juga bisa menjadi penyebab sariawan yang tidak kunjung sembuh.

  76. Assalamualaikum dok, saya mau nanya nih dok..

    Gigi geraham atas kiri paling belakang saya awalnya bolong, belum sempat saya tambal bbrp hr lalu setelah makan seperti ada gigi yang pecah. Kemudian saya ke drg periksa dan di rujuk untuk ke sps bedah mulut katanya dicabut hrs melalui operasi kecil.
    Saya sudah foto panoramic tetapi hasil foto belum sy bawa ke spc bedah mulut.
    Apakah ada kemungkinan untuk dicabut tanpa operasi kecil dok?
    gigi geraham atas paling belakang apakah itu namnya gigi geraham bungsu dok?
    Terima kasih dok

  77. waalaikum salam,
    mengenai kepastian Gigi Bungsu dan cara menanganinya harus saya lihat hasil foto rontgen panoramic. Silahkan bisa menghubungi Hotline via whatsapp di 08119141419 lalu foto hasil panamicnya dan kirim via whatsapp agar bisa saya analisa kasus Gigi Bungsu nya

  78. Selamat sore dok,

    Saya sudah melakukan odontektomi pada dua gigi bungsu bawah saya (kanan dan kiri). Walaupun tidak ada keluhan, saya meminta operasi sebagai tindakan preventif karena keduanya tumbuh miring. Setelah cabut ini, saya baru tahu bahwa ke depannya, dua gigi bungsu atas saya juga akan bergerak turun dan apabila ada keluhan maka harus dioperasi juga walaupun sebenarnya dari hasil panoramic, dua gigi bungsu atas ini tumbuh normal dan tidak impaksi. Menurut dokter, perlukah saya cabut kedua gigi bungsu atas ini dalam waktu dekat? atau lebih baik diberi waktu ? Saya lebih baik mencegah saat ini kalau memang ada potensi gigi akan bermasalah. Terima kasih dokter atas waktunya.

  79. dear Safira,
    untuk mendapatkan kesimpulan mengenai pertumbuhan Gigi Bungsu harus saya lihat foto rontgen panoramic, dari foto tersebut baru bisa dilihat pertumbuhan dan urgensi pencabutan Gigi Bungsu. silahkan bisa kirim foto rontgennya melalui whatsapp di nomor Hotline 08119141419. nanti akan saya jawab setelah mempelajari hasilnya.

  80. assalamualaikum dok.
    saya mengalama sakit pada gusi di bagian gigi bungsu yang sedang tumbuh, dan gigi ttersebut berada di bawah gusi saya. tiap saat rasanya nyeri dan susah untuk mengunyah makanan, apakah itu harus di lakukan oprasi pencabutan atau tidak ya

  81. waalaikim salam,
    proses muncul Gigi Bungsu ke permukaan memang akan ada rasa tidak nyaman, tapi jika rasa tidak nyaman seperti nyeri dan disertai sakit kepala yang terus berulang ulang maka sebaiknya periksa ke dokter gigi atau drg Sp Bedah Mulut terdekat untu dilihat dan foto rontgen panoramic. Jika Gigi Bungsu tersebut memang miring dan bermasalah maka sebaiknya di lakukan Operasi Pencabutan Gigi Bungsu ke drg Spesialis Bedah Mulut terdekat

  82. Selamat malam dok. Dok saya sedang mengalami sakit di bagian gusi belakang, kemarin sempat datang ke dokter gigi di puskesmas katanya ada Gigi Bungsu yang tumbuh, tapi dok saya tidak disarankan untuk rongsen atau Operasi Pencabutan Gigi Bungsu, saya hanya di beri obat oleh dokter.

    Pertanyaan saya dok apakah saya tetap meminum obat sesuai anjuran dokter gigi di puskesmas atau saya konsultasikan kembali ke dokter spesialis gigi di rumah sakit dok?

  83. Selamat siang buk.
    Gigi Bungsu saya tidak muncul sempurna dok, saat ini gusi sekitar Gigi Bungsunya mengalami bengkak, apakah bisa di cabut dok Gigi Bungsunya apakah Gigi Bungsu bisa di Cabut dalam keadaan sakit dan bengkak ?

  84. Selamat pagi dok. Saat ini Gigi Geraham Bungsu saya sebelah kanan yg akan tumbuh. Tapi ini sangat sakit sekali jika di bandingkan dengan pertumbuhan Gigi Bungsu yg sebelah kiri beberaoa bulan yang lalu. Apa ada kemungkinan gigi yg sebelah kanan tumbuh tdk normal dok?

  85. Selamat pagi dok. Saya berumur 22th. Saat ini gigi graham bungsu saya sebelah kanan sedang tumbuh tp sakit sekali daripada saat graham yg sebelah kiri tumbuh, graham sebelah kanan hingga mengakibatkan pusing dan sampai leher sakit. Apakah ada kemungkinan graham kanan saya tumbuh tdk normal dok? Dan kalau untuk melakukan bedah mulut apa harus dengan photo panoramic terlebih dahulu dok?

  86. pagi Lisna Amalia
    kemungkinan gigi geraham bungsu tersebut tumbuh tidak normal bisa saja terjadi mengingat keluhannya. tapi untuk memastikan silahkan foto rontgn panoramic dahulu. Bisa capture hasilnya dan kirim ke no Hotline via Whatsapp di 08119141419.

  87. dear, untuk mengetahui atau memastikan keadaan pertumbuhan Gigi Bungsu normal atau tidak harus melakukan Foto rontgen panoramic. silahkan bisa foto rontgen panoramic di Lab Rontgen lalu bisa difoto hasilnya kirim ke saya, nanti akan saya pelajari hasilnya.

    Saran: untuk kasus Gigi Bungsu ini sebaiknya konsultasi ke dokter bedah mulut. untuk obatnya saya belum bisa memberikan pertimbangan , karena tidak tahu jenis obat apa yang sudah di berikan dan melihat kondisi nya langsung.

  88. dear,

    jika Gigi Bungsu tidak muncul sempurna dan sudah menimbulkan bengkak, maka sebaiknya dilakukan pencabutan. Pencabutan Gigi Bungsu bisa dilakukan dengan Operasi Gigi Bungsu Bius Lokal saja atau dilakukan dengan operasi Gigi Bungsu Bius Total.

    Operasi Gigi Bungsu Bius Lokal tidak bisa dilakukam jika keadaan Gigi Bungsu sedang sakit atau meradang. untuk itu akan diberikan obat terlebih dahulu selama 5 hari sampai 1 mingggu.

  89. dear Lina,
    kemungkinan Gigi Geraham Bungsu tumbuh tidak normal tersebut bisa saja terjadi, namun untuk memastikannya harus melihat foto rontgen paniramic terlebih dahulu. jika sudah punya foto Rontgen panoramic bisa kirim gambarnya via Whatsapp di nomor Hotline di 08119141419 nanti coba saya bantu analisa

  90. Dok saya berumur 21 tahun, saya ada masalah di gigi atas depan,, giginya tumbuh tapi di dalam gusinya dan tidak keluar,gimana solusi nya dok karena gigi saya berantakan dan ingin menggunakan behel

  91. Selamat sore dok, saya astri, baru 4 hari yang lalu saya oprasi gigi geraham bungsu bawah kanan, tetapi 2hari ini setiap habis minum obat kepala terasa sakit nyut²an,
    Tetapi 2th lalu oprasi geraham sebelah kiri tidak seperti itu kasusnya,
    Saya lupa dulu obatnya apa saja karena ada sekitar 5 obat, tetapi yang sekarang hanya 3 obat,
    Apakah kasus seperti itu ada ketidak cocokan dari obat tersebut atau ada hal lainnya dok?
    Terimakasih.

  92. Assalamualaikum, selamat sore dok. Saya mau bertanya tanggal 13 februari kemarin saya operasi gigi geraham bungsu sebelah kiri bawah, krn kota kabupaten saya tidak ada dokter bedah mulut maka saya dialihkan ke kota kabupaten lainnya.
    Setelah dicabut gusi saya juga dijahit.
    Hingga hari ini pipi saya masih bengkak.
    Yang saya mau tanyakan boleh kah buka jahitan ditempat dokter gigi biasa lainnya? Karena lokasi RS dr. Bedah mulut tempat saya operasi sangat lah jauh.

  93. salah satu syarat pemasangan behel adalah bebas dari gigi yang implaksi, jika anjuran dokter Sp. Ortho nya adalah mencabut gigi implaksi tersebut maka harud diangkat (cabut)

  94. dear Astri,
    4 hari pasca Operasi Gigi Bungsu memang masih proses penyembuhan, diminum saja obat nya, nanti setelah 1 minggu kontrol dan buka jahitan ke dokter yang mencabut. agar dilihat juga sejauh mana proses penyembuhannya

  95. Siang dok, saya sdg hamil usia kandungan 13 minggu. Gigi bawah bagian belakang berlubang dan sangat sakit sampai menjalar ke telinga, Membuat susah tidur & kesulitan makan. Baru ke bidan dan hanya di berikan paracetamol tp tdk mengurangi sakit sama sekali. Bagaimana solusinya dok ?

  96. waalaikum salam,

    kalau memang di tempat sekarang tidak ada dokter Spesialis Bedah Mulut maka untuk buka jaitan bisa dilakukan ke dokter gigi umum. kalau tgl 13 februaru dilakukan Operasi Gigi Bungsu maka kontrol dan buka jahitan seharusnya sekitar tanggal 20 Februari

  97. jika Gigi Geraham Berlubang tersebut masih bisa ditambal maka sebaiknya ditambal. tapi jiksa sudah tidak sangat rusak bisa dilakukan Pencabutan Gigi Geraham nya. Silahkan bisa hubungi Hotline via Whatsapp di 08119141419

  98. dear Nurlessa,
    untuk kasis ini konsultasinya jangan ke Bidan, tapi langsung ke ahlinya drg Spesialis Bedah Mulut. keputusannya harus dilihat keadaanya terlebih dahulu. namun memang untuk kasus Ibu hamil sebaiknya ditunga untuk Pencabutan Gigi. saran saya silahkan konsultasi ke drg Sp Bedah Mulut Terdekat dahulu.

  99. Siang dokter, saya usia 34tahun, nama panggilan say fatima… Dulu ketika smu gigi saya pernah patah, sisa bagian akarnya skrg sudah tertutup gusi. Sudah 2 minggu ini sakit, apa yg harus saya lakukan agar gak sakit lagi dokter .

  100. selamat siang ibu Fatima,

    Kemungkinan besar harus dicabut giginya, tapi untuk memastikannya harus dilihat langsung mungkin akan ada foto Rontgen untuk melihat keadaan akar gigi tersebut. silahkan bisa ke dokter gigi sp Bedah Mulut terdekat agar segera ditangani. janga didiamkan, karena infeksi bisa saja terjadi.

  101. Untuk biayanya sendiri untuk mencabut gigi yg tumbuh d dalam gusi tersebut butuh biaya berapa ya dok?dan apakah butuh proses yg lama dan sulit?

  102. Malam dok, saya mau konsultasi gigi bungsu graham saya yg sebelah kiri tumbuh dan posisinya tidur krn gigi yg lain tumbuh waktu tumbuh jg begitu jd saya sdh angkat semua tinggal yg sbelah kiri blm diangkat sekarang kondisinya gigi itu berlubang dan lemayan besar gusinya pun bengkak, selama ini tdk pernah sakit tp kemarin sakit bgt dan mengganggu bgm ya dok apa hrs diangkat krn skarang saya lg hamil 5 bln. Tksh sbelumnya

  103. dear ibu Herly,
    memang dilema untuk kasus ibu hamil dengan Gigi Bungsu yang bermasalah. karena sangat tidak disarankan untuk pencabutan Gigi bungsu pada saat kehamilan. khusus untuk kasus ini harus dilihat dan dipelajari langung oleh drg Bedah Mulut, saran saya coba datang dan konsultasi langsung ke drg Sp Bedah mulut terdekat agar bisa dilihat keadaannya langsung, nantinya baru bisa diketahui perawatan yang terbaik kedepannya.

  104. Dokter, gigi bungsu saya yang kanan bawah ada 2. Belum keluar. Umur saya 37 thn. Tapi tdk ada keluhan apapun selama ini. Apakah perlu dicabut? Karena kata dokter gigi saya, biasanya kelainan seperti itu menimbulkan pusing.

  105. dear Diah,
    Gigi Bungsu yang tumbuh miring atau bermasalah ibarat bom waktu yang bisa meledak (sakit) kapan saja. pencabutan Gigi Bungsu bisa ditunda jika belum menimbulkan sakit, namun memang sebaiknya dilakukan pencabutan untuk menghindari rasa sakit atau masalah yang bisa timbul kapan saja.

  106. Dok, saya sinta masih berusia 16 thn. Belakangan ini, gusi belakang bagian kanan saya sakit sekali dan seperti ingin tumbuh gigi. Saya mencoba cari di internet apa penyebabnya, dan saya menemukan gajala yang sama ketika ingin tumbuh gigi bungsu. Apakah hal seperti ini nomal terjadi pada anak usia 16 thn? Bagaimana cara saya meredakan sakitnya dok?

  107. dear Sinta,
    kalau pertumbuhan Gigi Bungsu tidak normal dan sudah menimbulkan rasa sakit terus menerus maka sebaiknya dilakukan pencabutan Gigi Bungsu. apencabutan Gigi Bungsu bisa dilakukan dengan cara Operasi Gigi Bungsu Bius Total harus dengan rawat inap, atau bisa juga dilakukan Operasi Gigi Bungsu Bius Lokal Saja yang dilakukan di ruang praktek dan bisa langsung pulang rawat jalan.

    untuk memastikannya sebaiknya konsultasi ke drg Bedah Mulut terdekat untuk dilihat keadaannya. atau jika ada foto Rontgen panoramic bisa kirim gambarnya ke hotline via whatsapp di 08119141419 nanti saya bantu analisa keadaannya.

  108. Assalamualaikkum dok..

    Saya devi usia 22 tahun. Seminggu ini saya mengalami pembekakan pada dinding pipi bagian dalam sebelah kanan. Rasanya dindingnya itu seperti menebal, seperti kalo di anastesi. Tapi gak keseluruhannya.

    Memang sebelumnya saya cek ternyata ada gigi bungsu yg mau keluar, tapi gigi bungsu dan gusinya tidak sakit dok.

    Rasanya sakit dan tidak bisa mengunyah makanan. Saya coba redakan dengan asam efenamat tp hanya bertahan sebentar saja. Mohon sarannya dok, apakah itu pengaruh karna tumbuhnya gigi bungsu.

    Terimakasih

  109. Waalaikum Salam,
    Rasa sakit saat mengunyah di bagian belakang dan ciri ciri lain diatas adalah bisa diakibatkan dari proses munnculnya gigi bungsu. namun yang harus diperhatikan adalah, apakah pertumbuhannya nirmal atau tidak? jika pertumbuhan Gigi Bungsu miring maka harus di cabut.

  110. Assalamualaikum dokter,
    Saya anggi usia 26th, dulu saya sering merasa nyeri di gusi belakang tapi masih bisa diatasi dengan menggosok gigi. Saat menggosok gigi sering berdarah, tetapi nyerinya hilang. Tapi rasa nyeri itu kadang hilang kadang muncul. Atas referensi dokter saya disuruh rontgen dan hasilnya terlihat ada gigi impaksi di kanan dan kiri, namun sudah sebulan ini saya tidak mengeluh adanya rasa sakit. Apakah, gigi impaksi tersebut tetap harus dicabut walaupun saya tidak merasakan sakit karena sya masih takut dengan proses setelah operasi? Dan kapan baiknya dilakukan pencabutan, saat sehat atau sakit?
    Terima kasih dokter,

  111. waalaikum salam,

    Impaksi gigi ibarat bom waktu yang bisa kapan saja meledak / sakit. memang bisa saja ditunda pencabutannya jika belum sakit, namun akan lebih baik jika dicabut sebelum menimbulkan masalah. karena infeksi bisa saja terjadi kapan saja jika didiamkan.

  112. Malam dokter, saya Ayu usia 29th… Gigi bungsu saya berlubang & disarankan untuk segera di operasi karea sudah mengenai syaraf…kalau boleh tau biaya untuk operasinya berkisar berapa ya dok. Terimakasih

  113. Selamat pagi dok. Nama saya naya, saya mau tanya dong beberapa hari yg lalu saya melakukan operasi gigi bungsu tetapi bukan di spesialis bedah mulut, saya operasi di dr gigi sp, pros. Apakah operasi gigi bungsu boleh di lakukan oleh sp, pros dok? Terima kasih

  114. dear Ayu Triana
    untuk mengetahui Biaya Operasi Gigi Bungsu silahkan bisa hubungi Hotline via Whatsapp di 08119141419

  115. dear Inaya,

    memang untuk kasus Operasi Gigi Bungsu adalah kompetensi dan keahlian serta keilmuan dari drg Sp Bedah Mulut, bisa saja dokter gigi diluar drg Sp Bedah mulut melakukan Operasi Gigi Bungsu bius lokal. namun semua keputusan dikembalikan kepada pasien untuk memilih.

  116. Halo dok, mau nanya
    Apa pertumbuhan gigi bungsu memang sangat lambat? Saya menyadari gigi bungsu muncul sejak dua bulan yang lalu di sebelah kanan atas bawah. Saya tidak pernah merasakan sakit sama sekali, hingga sekarang gigi bungsu hanya muncul setengah, apakah itu normal?

  117. halo Suci.
    kalau dari sedikit keterangan diatas kemungkinan besar Gigi Bungsu nya miring atau pertumbuhan Gigi Bungsu tidak normal. Gigi Bungsu yang pertumbuhan nya tidak normal ibarat bom waktu yang bisa sakit kapan saja. Pencabutan Gigi Bungsu bisa di tunda jika Gigi Bungsu belum menimbulkan masalah. namun akan lebih baik dicabut sebelum Gigi Bungsu menimbulkan masalah kedepannya. Saran saya konsultasi langsung denan dokter Bedah Mulut terdekat agar dilihat keadaan Gigi Bungsu nya langsung dibandingkan dengan foto Rontgen Panoramic

  118. Assalamualaikum dok.
    Saya ibu menyusui (direct breastfeeding) baby 3 bln. Saat hamil saya gigi geraham saya suka nyeri, tp belum rontgen krn lagi hamil ,saya sempat periksa di klinik gigi katanya ada kemungkinan harus dicabut gigi bungsu saya. Kemudian saya ditambal sementara, setelah itu tidak nyeri lagi, baru skrh saat anak 3bln mulai nyeri ,dan lebih sakit dari saat hamil. Saya mau tanya, apakah saya benar2 harus cabut gigi bungsu? saya takut krn anak saya masih menyusui dan blom bisa ditinggal lama. Apakah operasi gigi bungsu itu prosesnya lama? apakah obatnya ada pengaruh ke ASI saya untuk si bayi?
    Terima kasih dok jika bersedia membalas komen saya.

  119. Waalaikum salam,

    jika keadaann sudah sangat sakit dan mengganggu maka sebaiknya dilakukan pencabutan Gigi Bungsu, guna menghindari infeksi yang bisa terjadi. jika sudah terjadi infeksi maka obat yang akan diberikan bisa lebih “keras”, untuk memastikannya silahkan datang konsultasi langsung ke drg Spesialis Bedah Mulut terdekat agar dipelajari kasusnya.

  120. Assalamualaykum dok,

    Di pipi saya bagian belakang dekat gigi bungsu ada luka, sudah hampir 3 minggu lukanya ada. Di awal minggu rasanya sangat sakit, lalu selanjutnya tidak sakit lagi. Tapi masih ada seperti luka robek. Saya lihat gigi bungsu saya agak miring ke arah pipi. Apakah penyebabnya karena gigi bungsu dok?

  121. waalaikum salam,
    kemungkinan besar penyebabnya pertumbuhan Gigi Bungsu yang miring. saran saya konsultasi langsung ke drg Sp Bedah Mulut terdekat.

  122. dok mohon saran.Kemarin saya habis cabut gigi bungsu karena giginya sudah bolong. Nah setelah selesai dokternya bilang kalau cabut giginya belum selesai dan harus dilanjutkan nanti minggu depan atau kalau saya sudah tidak merasa sakit di daerah gigi saya. kata dokternya giginya baru dicabut bagian mahkotanya saja akarnya belum dicabut karena saya merasa kesakitan. Mau tanya dok, apakah cabut gigi sebagian seperti itu hal yang wajar atau bagaimana?
    lalu gigi yang tertinggal kalau mau dicabut apakah memerlukan proses yg rumit? saya trauma kemarin cabut gigi sepertinya prosesnya sangat lama dan terasa nyeri dok. Terimaksih sebelumnya.

  123. assalamu’alaikum dok.
    4 gigi geraham bungsu saya dri hsil ronsen panoramic miring smua.yg kanan atas bawah udh berlubang smua dan sakitnya dtng pergi.tp tdk bengkak.gigi sebelahnya ikut nyeri apalagi klo mlm.udh sebulan d kasih obat ma dokter SPBM tp msh nyeri smpai leher,pipi,kepala&hidung.ap bsa d cabut.krn jadwal pencabutan bentar lg…mksh jawabanya

  124. Untuk kasus tindakan cabut Gigi Bungsu seperti ini sebaiknya dilakukan oleh drg Spesialis Bedah Mulut.

  125. Siang dokter. Saya mau tanya untuk cabut ekstrasi gigi 4|4 kira2 brapa ya dok? Terimakasih

  126. selamat siang,

    untuk biaya ekstrasi Gigi Bungsu sudah ditentukan oleh 2 Rumah Sakit tempat saya praktek. silahkan bisa hubungi Hotline via whatsapp di 08119141419

  127. Bu dokter, saya mau tanya. Gigi bungsu saya sudah menyiksa sekali jika kambuh ada tiga bagian yg sakit. Leher, tenggorokan dan kepala, kata dokter di puskesmas disuruh dicabut, yg saya mau tny, kalau bius lokal itu seperti apa? Kalau bius total dibius dimananya? Terus, biaya Operasi Gigi Bungsu berapa ya dok ? Terus selama ini utk menghilangkan nyerinya saya pakai obat Apakah bahaya dok? Saya takut kelebihan dosis

  128. jika keadaan Gigi Bungsu sudah seperti itu sebaiknya segera ke drg Sp Bedah Mulut terdekat. Operasi Gigi Bungsu Bius Lokal dilakukan dalam keadaan sadar, yang diberikan pembiusan hanya bagian rahang saja dan bisa langung pulang rawat jalan. Operasi Gigi Bungsu Bius Total dilakukan di Ruang Operasi besar dalam keadaan tidak sadar dan harus rawat inap minimal 1 hari untuk pemulihan. Biaya Operasi Gigi Bungsu sudah ditentukan oleh tiap Ruamah Sakit tempat saya praktek. silahkan hubungi Hotline di 08119141419 via Whatsapp

  129. bu dokter, sy mau tny,, sy sdh mngalami skt kpala migrain 3bln lbh, sktny smpe kuping,stelah periksa k Drg, sy dsuruh rontgen panoramic, dn hasilny ada geraham bungsu yg impaksi,3hr yg lalu oleh Drg klinik gigi sy cb dcabut tp mlh hancur&skt skli, dn akhirny sy drujuk k spesialis bedah mulut,, yg mau sy tnyakan gigi sy itu skrng msh terasa ngilu,apa sy hrs mnunggu dl untuk kspesialis bedah mulut atau bs langsung dlakukan operasi dlm keadaan demikian,dn dalam kasus sy apa bs cm operasi dngn bius lokas sj,krn kmrn pas cabut gigi dDrg dgn bius lokas msh terasa skt skli dok saat prosesnya

  130. dear Lisa,
    untuk Kasus Operasi Gigi ini harus menunggu keadaan lukanya sembuh dulu baru bisa dilakukan Operasi Gigi Bungsu. untuk menentukan Operasi Gigi Bungsu Bius lokal atau Operasi Gigi Bungsu Bius Total harus dibandingkan juga dengan foto Panoramic. silahkan bisa hubungi Hotline di 08119141419 via whatsapp kirim hasil foto panramicnya agar bisa saya pelajari. Saran saya untuk kasus Operasi Gigi Bungsu sebaiknya dilakukan oleh drg Sp Bedah Mulut yang memang kompetensi dalam bidang ini.

  131. Sore dr Ika Ratna
    Maaf sy mau tanya.
    Usia sy 30th.
    # Gigi bungsu atas sy sdh tumbuh beberapa bulan yg lalu disertai sedikit nyeri tapi Alhamdulillah tumbuh normal.
    # Gigi bungsu yg bawah kanan belum muncul sama sekali.
    # Gigi bungsu yg bawah kiri sudah klihatan 50% tumbuh normal ke atas,dan tempatnya sy rasa cukup. Cuma gusi yg bagian ujung klihatan putih mau robek…rasa nyeri sampai ke leher buat nelan agk sakit, namun tdk bengkak.Sudah 2 hari.
    Apa yg sy lakukan yg bu? Apa memang pertumbuhan nya nyeri seperti ini. Atau sy harus minum anti nyeri?
    Terimakasih

  132. untuk memastikan pertumbuhan Gigi Bungsu normal atau tidak harus dibantu dengan foto Rontgn panormic

  133. Sore dok, ijin tanya, tgl 12 april saya kemarin kan saya operasi gigi graham bawah kanan ya dok di spesialis bedah mulut di RS daerah Salemba, tapi kok udah 6 hari ini masih merasakan nyeri di bekas operasi itu ya dok?apakah normal?

  134. 6 hari Pasca Operasi Gigi Bungsu masih dalam tahap penyembuhan, jadi terkadang masih ada rasa skit

  135. Malam dok saya mau nanya , saya mengalami nyeri pada gusi belakang saya yang bengkak dan disertai dengan demam yang pagi nya leher saya menjadi bengkak dan buat menelan pun sakit , apa yang harus saya lakukan ya dok. Apakah karena Gigi Bungsu Miring ?

  136. selamat malam,

    Gejala tersebut memang khas dari Gigi Bungsu yang tumbuh bermasalah. untuk lebih jelasnya silahkan bisa datang ke dokter Bedah Mulut terdekat untuk dipelajari langsung. atau jika ada foto Rontgen panoramic silahkan bisa kirim via Whatsapp di no hotline 08119141419

  137. Assalamualaikum dokter…

    Saya Dadang.. Saya sudah melakukan pencabutan gigi geraham atas ujung sebelah kiri.. Namun sampai saat ini menimbulkan sakit bahkan tercium aroma tidak sedap dr hidung…saya sudah konsultasikan ke sp. BM dan katanya perlu dilakukan operasi utk menutup bekas pencabutan tsb…
    Apakah jika tdk dioperasi akan sembuh seperti sediakala dan akan menutup sendiri bekas pencabutan tsb?
    Jika diundur operasinya (operasi bedah mulut) karena mahalnya biaya tsb yg hrs dilakukan, apakah akan menimbulkan dampak yg lebih sulit lagi?
    Trimakasih

  138. untuk kasus pasca Cabut Gigi Bungsu seperti ini harus dilihat dan dipelajari langsung baru bisa diambil keputusannya

  139. siang dok, gigi graham saya tumbuh dan disarankan untuk ke dokter bedah mulut akan tetapi dokter bedah mulut di daerah saya sedang mengalami musibah dan baru bisa setelah sebulan kemudian, apakah tidak apaapa dok apabila didiamkan hingga 1bulan, saya hanya dikasi obat pereda rasa sakit. Terimakasih dok

  140. harus dilihat keadaan Gigi Bungsu saat ini untuk menjawabnya, namun jika Gigi Bungsu sudah semakin sakit dan bengkak maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter bedah mulut terdekat

  141. Posisinya mengarah ke pipi dok setelah di rontgen, saya konsultasikan ke dokter gigi umum, katanya tidak apaapa karena tidak mengarah ke gigi didepannya. Jadi didiamkan 1bulan tidak apaapa, tapi jika memang tidak baik. Maka saya akan segera mengambil tindakan di RS lain. Terimakasih dok.

  142. jika Gigi Bungsu Miring bagian atas arahnya ke pipi biasanya akan menimbulkan sariawan yang tidak kunjung sembuh. saran saya konsiltasi langsung ke drg Sp Bedah Mulut terdekat agar diberikan solusi pengobatan sesuai kasusnya

  143. Assalamualaikum dok,

    Saya anggie umur 18 tahun. Gigi bungsu (kiri bawah) saya sudah tumbuh selama 3 bulan tapi hanya 1/3 saja yg keluar dok, tapi baru kali ini sakit nya luar biasa, sampai dinding mulut kiri sy mengalami pembengkakan di samping gigi bungsu (mungkin syaraf, karena brbtuk kapiler sampai ujung bibir sy). Sudah seminggu sy meminum obat anti nyeri dan anti inflamasi, tetap tidak ada perubahan dok. Apakah saya harus operasi? Atau ada saran lain untuk meredakan gigi bungsu saya dok?

    Terima kasih, tolong di balas secepatnya dok:(

  144. waalaikum salam anggie,
    Jika keadaan Gigi Bungsu nya sudah seperti itu sebaiknya harus konsultasi langung ke dokter Bedah Mulut terdekat. karena ada jenis obat tertentu yang harus diresepkan oleh dokter ( tidak dijual bebas). minum obat bisanya selama 5 hari sampai 1 minggu hingga keadaan Gigi Bungsu nya tidak sakit serta bengkaknya hilang. jika sudah normal maka harus segera dilakukan pencabutan Gigi Bungsu. Jangan ditunda lagi untuk pelakukan Cabut Gigi Bungsu, karena Bengkak dan sakit akan kembali terjadi.

  145. Assalamualaikum dok,
    Saya kiki, kebetulan saya jg lagi hamil muda, trs awalnya saya sakit gigi, pas itu dibawa ke drg gigi saya tumbuh dan itu gak di kasih resep apa pun karena takut sama kehamilan saya kalau di beri obat, tapi semakin hari gigi saya semakin sakit, sampe leher bengkak, dan nelen Ja sakit, sampe gak bisa tidur dok, habis itu saya datang ke dr lagi dan itu cuma dikasih pct, apa yang harus lakuin ya dok sedangkan gigi saya semakin sakit… Apa pengangkatan gigi bungsu pas lagi hamil mudah itu di bolehin gak ya dok soalnya bener2 mengganggu banget 🤢

  146. waalaikum salam,

    Memang untuk Operasi Gigi Bungsu pada masa kehamilan tidak disarankan. namun tetap harus dilihat untung ruginya. untuk itu sebaiknya segera konsultasi kedrg Spesialis Bedah Mulut terdekat yang memeang kompeten dalam bidang ini. afar diberikan solusi yang tepat.

  147. Assalamualaikum dok, gigi bungsu saya lagi mulai tumbuh dan saya juga memakai behel, tapi tidak ada gejala rasa sakit yg saya alami. Apa gigi bungsunya harus tetap di cabut dok?

  148. Siang dok.. saya punya gigi bungsu yg bolong di bawah,, sakitnya luar biasa.. kalo cabut gigi bungsu brpa ya dok?

  149. untuk Baya cabut Gigi Bungsu sudah ditentukan oleh Masing masing Rumah sakit tempat saya praktek. silahkan bisa ditenyakan langsung Biaya Cabut Gigi Bungsu ke nomor hotline 08119141419 bisa via whatsapp

  150. waalaikum salam, jika Gigi Bungsu tumbuh dan sedang salam perawatan behel maka Gigi Bungsu tersebut harus di cabut, jika tidak dicabut maka perawatan behelnya tidak akan maksimal.

  151. Dok sya umur 23 . Gigi bungsu sya yg kiri dan kanan bawah lagi tumbuh yg kanan gusi nya cuma bengkak dok. Tapi yg kiri brmasalah dok. Sya sudah ke drg dok dan sya di kasih obat anti sakit sama antibiotik.stelah mnuk obat sakit ny hilang beberapa jam,tetapi setelah itu sakit lagi dok. Bengkak nya ngk berkurang* dan. Sya di anjurkan buat panaromik dok sma drg nya. Tapi belum sya lakukakan dok.
    Sakitnya gigi bungsu biasa nya berpa lama ya dok ?
    Dan biyaya operasi nya skitaran berapa ya dok

  152. Hallo dokter ika.
    2 minggu yg lalu saya merasakan gigi saya nyeri, lalu saya coba check k dr. Gigi lalu kata mereka klau gigi bungsu saya berlubang dan posisiny sedikit tertidur. Lalu saya coba buat tambal dan saya melakukan tambal permanent gigi ini masih saja sakit dan tidak nyaman digunakan untuk makan. Saya bingung harus bagaimana lgi.

    Memurut dokter, apa saya harus mencabut gigi bungsu ini? Atau ada pendapat lain dari dokter?

    Terima kasih

  153. kasus Gigi Bungsu harus dilihat dan dipelajari dengan jelas hingga nantinya akan diberikan obat yang sesuai dengan kasus Gigi Bungsunys. untuk itu sangat saya sarankan agar kasus Gigi Bungsunya diperiksa oleh Dokter Bedah Mulut terdekat di daerah Yenni, karena dokter Bedah Mulut sangan berkompeten dalam keilmuan kedokteran Gigi untuk menangani kasus Gigi Bungsu.

  154. Jika keadaan Gigi Bungsu sudah seperti itu maka harus di lakukan pencabutan Gigi Bungsu, silahkan bisa ke dokter Spesialis Bedah Mulut terdekat uuang memang kompeten dalam bidang Gigi Bungsu

  155. pagi dok,

    saya reni widiasih,mau tanya,
    gigi geraham bungsu saya sebelah kiri tumbuhnya sedikit sedikit, kadang kalau akan tumbuh saya demam, walaupun tidak tinggi
    nah sudah hampir 3 minggu ini saya sariawan di samping gigi geraham bungsu saya, tapi bukan seperti sariawan, jadi seperti daging kecil tumbuh krna terus tergigit geraham bungsu ini, dan itu sangat mengganggu krna pasti sakit jika tergigit setiap hari,
    solusinya seperti apa ya dok?

  156. Dulu gigi bungsu saya berlubang dan saya biarkan tanpa ada penangan sampai bertahun tahun,sampai gusi kanan saya tidak sama dengan gusi kiri saya dan terlihat berbeda pipi kanan dan kiri.
    Gigi yg berlubang sudah saya cabut dan tetap saja tidak ada perubahan pada pipi saya yg tidak sama dan gusi kanan saat saya pegang jauh lebih besar dr gusi kiri.

    Saat gigi saya berlubang bertahun tahun,sempat ada benjolan nanah saya diamkan cukup lama.

    Apa karna itu ya dok ?

  157. dear Rani
    untuk keadaan Gigi Bungsu ini sebaiknya datang konsultasi langsung ke dokter Bedah Mulut terdekat. Jika sudah infeksi maka harus disembuhkan dulu dengan pemberian beberapa obat.setelah sembuh maka jangan ditunda lagi untuk melakukan pencabutan Gigi Bungsu. jika ditunda maka infeksi bisa muncul kembali

  158. untuk kasus Gigi Bungsu ini sebaiknya konsultasi ke Dokter Bewdah Mulut terdekat agar dipelajari langsung keadaannya. karean masih banyak kemungkinan kemungkinan penyebabnya.

  159. Malam dok saya ingin bertanya, sudah 2 minggu ini gigi graham saya yg disebelah gigi bungsu itu sakit nyut nyutan yang sakitnya sampai ke telinga saya dan sampai menggangu tidur saya. lalu saya ke drg umum untuk periksa lalu diminta untuk rontgen panoramic saat dilihat saya sbg orang awam memang gigi bungsu saya miring dan menempel ke gigi geraham sebelanya yang nyut nyutan. apakah itu karena gigi bungsu yang menempel atau ada hal lain. for info saya belum kembali lagi ke drg saya, karena ia mendadak cuti. kira kira permasalahan gigi saya memang karena gigi bungsu yang menempel atau karena memang gigi geraham saya yg sakit. mohon arahannya dok terimakasih

  160. Kalau memang keadaan Gigi Bungsu miring dan menyebabkan sakit seperti keterangan diatas kemungkinan besar penyebabnya adalah karena Gigi Bungsu Miring tersebut. jadi harus segera di obati dulu kemudian dilakukan pencabutan Gigi Bungsu. untuk lebih jelasnya silahkan bisa kirim foto rontgennya ke Whatsapp di Hotline 08119141419 agar bisa di analisa

  161. Dok saya mau tanya. Gigi saya yang paling belakang itu yang atas tumbuh gigi diatas gigi yang pojok itu nyeri banget. Itu harus dicabut atau gimana.soalnya ini sebelah kanan dan kiri. Saya henri dari sidoarjo.

  162. Assalamualaikum drg Ika
    Saya yulia, 27th, sdg menyusui, ada keluhan gigi geraham bungsu kiri atas bagian samping luar keropos sampai bolong, pinggir bolongnya tidak rata menggores melukai pipi bagian dalam.
    Bu dokter, apakah Gigi tersebut harus dicabut atau bisa ditambal?
    Dan apakah Gigi geraham bungsu kiri bawah yg numbuh tidak sempurna (hanya setinggi gusi) bisa menyebabkan vertigo?

    Terimakasih
    Wassalamu’alaikum

  163. Keadaan Gigi Bubgsu Kiti atas kemungkinan besar harus dicanut, banyak kasus kasus seperti itu juga, vertigo juga bisa disebabkan dari gii bungsu teraebut. Untuk memastikannya harus konsultasi langsung dan foto panorami

  164. Jika keadaan gmGigi Bungsu sudahbseperti Itu kemungkinan besar alhafus dicabut

  165. untuk Biaya Cabut Gigi Bungsu sudah ditentukan oleh menegement Rumah Sakit tempat saya praktek, silahkan bisa ditanyakan Biaya Operasi Gigi BUngsu ke nomor Hotline via whatsapp di 08119141419

  166. hai dok saya mau nanya, jd sudah 1 minggu lebih gigi bagia kiri saya sakit, dan jga tumbuh gigi geraham bungsu yg menyempil yang membuat gusi jd sprti sobek gtu dan membuat saya jd kesulitan untuk mengunyah sesuatu. awalnya saya kira ini sakit gigi biasa tp kok lama sembuhnya, kadang sakitnua mereda kadang bisa jd sakit bngt. nah baru kmren giginya mulai sakit kembali dan sakitnya ini lumayan sakit lebih sakit dri sebelumnya. ketika malamnya saya lihat gigi geraham bungsu saya trsebut kok lama kelamaan tertutup oleh gusi, akhirnya saya kumur2 menggunakan air hangat dan garam. lama kelamaan pipi bagian kiri saya jd tambah membengkak, gigi geraham bungsunya jga sudah tidak terlihat tertutup dgn gusi yg bengkak itu, buat nelan jg sakit. jd apakah kondisi saya ini sudh sngt parah dan harus di operasi atau menunggu bengkak nya mereda dl dok?

  167. dear Siti Rohmah,
    jika GIgi Bungsunya sudah seperti itu maka harus segera diobati, jangan didiamkan karena infeksi bisa terjadi dan terus menyebar. segera konsultasi langsung ke Dokter Bedah Mulut terdekat.

    jiks dfsh minum obat dan bengkaknya sudah hilang, maka Operasi Gigi Bungsu harus segera dilakukan jangan ditunda lagi.

  168. Assalamualaikum.wr.wb
    Selamat malam dok, saya mau nanya, saya kemarin ronsen gigi dan hasil ronsen gigi saya numbuh 4 gigi bungsu 2 atas dan 2 bawah , yg keliataan cuma 1 gigi bungsu dan 3 lgi ga keliatan tapi keliatan di hasil ronsen , yg mau saya tanya apakah perlu saya cabut kondisi gigi saya miring semua , tapi gigi saya waktu ronsen ga sakit dan ga merasa sakit sampai saya tulis coment ini ,, apakah nunggu sakit harus di cabut atau pas skrng ini lgi ga sakit dan di cabut . Trima kasih dok

  169. waalaikum salam wr, wb.
    Pencabutan Gigi Bungsu Miring tersebut harus dilakukan ketika tidak sakit. jika ada rencana Cabut Gigi Bungsu maka sebaiknya dilakukan segera ketika keadaannya belum sakit dan bengkak.

  170. Salam kenal dok, saya mau tanya apakah gigi bungsu yg berlubang bisa di tambal..??
    Dan adakah metode pemasangan gigi palsu permanen tanpa ada gigi yg dikikis sebelah nya selain implan ia dok, kebetulan kondisi gigi sudah di cabut karena tinggal akarnya.

  171. Salam Icha,

    maaf baru bisa balas. jika Gigi Bungsu tumbuh miring berlubang sebaiknya dicabut. penambalan Gigi Bungsu tersebut bukan solusi yang tepat, karena biasanya posisi lubangnya sulit dijangkau. Biasanya lubang diakibatkan dari sisa makanan yang terselip diantara Gigi Bungsu dan Gigi Geraham depannya karena sulit dijangkau untuk dibersihkan. sering juga terjadi dimana gigi geraham depannya yang sehat juga akan rusak atau berlubang. Kalaupun Gigi Bungsu berhasil ditambal pergerakan gigi bungsu yang miring tetap akan menjadi masalah dikemudian hari walaupun sudah ditambal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *