Perhatikan Kebersihan si Gigi Bungsu Agar Tidak di Operasi

Hotline +628119141419 janji pasien drg Ika Ratna Sp.BM.

 

Pertumbuhan gigi bungsu yang tidak normal ada beberapa tipe, ada yang tertanam keseluruhan di dalam tulang, ada juga yang muncul ke permukaan gusi namun letaknya miring dan menabrak gigi sebelahnya

Gigi bungsu yang tumbuh tidak normal tidak selalu menimbulkan masalah. Umumnya timbul peradangan sekitar mahkota gigi yang tumbuh sebagian atau tidak normal. Posisi jaringan lunak yang menutupi sebagian mahkota gigi, akan mengakibatkan sisa makanan / kotoran menumpuk dan sukar dibersihkan.  Akibatnya mudah terjadi radang dan penumpukan bakteri.

Hal seperti di atas sering sekali terjadi, sisa makanan yang terselip di antera gigi tersebut biasanya  sangat sulit dibersihkan karna tidak terjangkau oleh sikat gigi. Bila sisa makanan menumpuk diantara gigi bungsu dan sebelahnya dibiarkan dalam waktu yang lama akan terjadi kerusakan dan lubang pada gigi sebelahnya, pada umumnya pasien datang setelah merasakan sakit dengan lubang yang besar. Pada kasus ini biasanya gigi bungsu terpaksa harus di cabut dan melakukan  penambalan pada gigi sebelahnya jika masih memungkinkan.

Tidak semua gigi bungsu yang tumbuh miring menimbulkan keluhan. Tapi tidak sedikit pula yang merasakan nyeri.  Bisa juga bengkak yang mengakibatkan mulut terbatas untuk di buka, kesulitan menelan, pembengkakan pada wajah sampai sakit kepala yang hebat.

Yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah adalah dengan membersihkan bagian gigi tersebut dengan lebih teliti terutama setelah selesai makan. Gunakan obat kumur untuk menghambat pertumbuhan kuman.

Jadwal Praktek pribadi drg Ika Ratna SpBM di samping Apotik Century Bintaro Jalan Veteran Jakarta Selatan

  • Minggu 10:00 – 14:00
  • Senin 16:00 – 19:00
  • Selasa 10:00 – 14:00
  • Rabu 10:00 – 14:00
  • Kamis 16:00 – 19:00
  • Jumat 10:00 – 14:00

 

pasien terbatas, dengan perjanjian terlebih dahulu

Alamat dan Google Map


Jadwal dan lokasi praktek di lokasi lain :

Jadwal Praktek drg Ika Ratna Spesialis Bedah Mulut di Rs Sentra Medika Depok

Jadwal Praktek drg Ika Ratna Spesialis Bedah Mulut Rs Grha Permata Ibu Depok

Jadwal Praktek Drg Ika Ratna Spesialis Bedah Mulut di Universitas Prof DR Moestopo Bintaro

60 Comments

  1. salam dok,

    gigi bungsu saya persis sekali seperti yang digambarkan di atas, dan sekarang sudah mulai berlubang dan sakit.

    apakah gigi bungsunya dan gigi sebelahnya yang berlubang harus di angkat juga Dok?

  2. Waalaikum Salam Pak Sumarsono,
    Kalau Gigi Bungsu sudah mengganggu sebaiknya di angkat untuk menghindari kerusakan yang lebih parah. mengenai gigi sampingnya akan saya lihat dulu kerusakannya, jika masih bisa diselamatkan sebaiknya tidak usah di angkat.

  3. ass dok.
    saya habis menjalani operasi bedah mulut untuk mengambil 4 gigi bungsu saya. kenapa saya kalau makan rasanya mulut jadi membengkak lagi? terus saya tadi pagi memakai gel resep dokter saya tapi sore saya mual dan mengeluarkan darah coklat dan kayaknya dari tenggorokan. apa hal tersebut tidak berbahaya dok?? makasih

  4. wlkm salam.
    sudah berapa lama jarak dari operasinya sampai sekarang? pembangkakan adalah hal yang wajar setelah operasi, besar kecilnya tergantung dari besar luka akibat operasi, tidak usah khawatir akan hal itu yang penting obatnya diminum sesuai petunjuk, gel dipakai terus sesuai anjuran, mengenai darah coklat dari tenggorokan saya belum bisa menjawabnya sebelum melihat keadaan mulut, rasa mual mungkin akibat sisa darah dari luka yang tertelan, lukanya jangan di hisap hisap dan jangan sering buang ludah terlebih dahulu, dan yang tidak kalah penting adalah kontrol lagi guna melihat sejauh mana penyembuhan pasca operasi tersebut

  5. jika sudah sangat mengganggu sebaiknya gigi bungsu tersebut diangkat, apalagi sudah disertai bau mulut dikhawatirkan akan terjadi infeksi jika didiamkam. untuk itu saya sangat sarankan segera ke dokter Bedah mulut terdekat agar bisa dilihat dan ditangani dengan tepat.

  6. Selamat siang dok, sy Erick 25thn. Gambar yg diatas mirip dengan susunan gigi geraham bungsu saya. Gigi geraham bungsu saya sudah berlubang kadang-kadang sakit. Tapi 1minggu yang lalu saya kedokter gigi d saranin tempel dulu. Dan setelah beberapa hari sakitnya muncul lagi.
    Pertanyaan saya dok apakah harus di lakukan pengankatan pada gigi geraham bungsu ? Terimakasih dok.

  7. Selamat siang Erick,

    Jika keadaannya memang sama persis dengan gambar tersebut dan sudah mengganggu, maka sebaiknya di cabut.

  8. Terimakasih dok.
    Dok, kira2 penyebab sakit gigi apa yah? Padahal gigi geraham sudah ditambal tp masih aja kadang2 sakit tiba2..

    Kalau operasi baiknya bius lokal atau bius umum dok ?
    Terimakasih dok.

  9. jika gigi bungsunya tumbuh miring seperti di gambar maka penyebab sakit adalah karena dorongan gigi bungsu terhadap gigi sebelahnya. untuk operasinya harus dilihat dan dipelajari terlebih dahulu dengan bantuan foto Rontgen untuk melihat keadaan akar gigi bungsu tersebut. tapi biasanya keadaan tersebut bisa dengan operasi gigi bungsu bius lokal.

  10. Selamat siang bu,umur sy 19 th.Kondisi gigi bungsu sblh kanan bwh sama persis dg foto di atas yg sblh kanan,wkt itu emang ngerasa agak ngilu, tp skrng sdh tidak sakit lagi. kalau dg kondisi gigi sprt itu Apa hrs di cabut?

  11. Dear Fiola, jika gigi bungsunya sama persis dengan foto diatas maka sebaiknya segera dicabut sebelum terjadi sakit yang akan terus berulang lagi, dan tidak menutup kemungkinan akan terjadi infeksi

  12. terimakasih atas sarannya bu..gigi bungsu sy yg atas juga bermasalah. keduanya sdh tumbuh,tp yg kiri baru muncul sedikit. Giginya sm” terkikis(yg kanan lbh parah, kalau di raba terasa tnggl setengah. bntuknya vertikal tp agak miring). Kalau kondisi yg spt itu apa hrs dicabut jg? Semisal ditutup dg gigi yg di cetak apa bisa bu?? terimakasih..

  13. kemungkinan besar memang pertumbuhannya bermasalah, maksudnya adalah tumbuhnya miring hingga nantinya akan menimbulkan masalah jika tidak di cabut. dengan mempertimbangkan untung dan rugi nya saran saya adalah dilakukan pencabutan.

  14. Syaugi , umur 20.
    Dok gigi bungsu saya kanan bagian atas sudah retak. Katanya agar tidak mengganggu lebih baik diangkat.posisi gigi bungsu kanan atas saya sulit terjangkau.
    Tapi saya takut pada suntikan bius lokal karena pengalaman saya yang tidak mengenakan.
    Apakah ada solusi?
    Jika ada cara lain selain bius lokal?
    Kalau ada saya ingin melakukanya , agar supaya langsung beberapa gigi bungsu yang langsung terangkat.

  15. dear Syougi,

    jika memang takut atau trauma dengan suntikan, operasi gigi bungsu bisa dilakukan dengan bius total langsung di ambil semua gigi bungsu yang bermasalah. Untuk itu sebaiknya konsultasi dahulu ke drg spesialis Bedah Mulut mengenai hal ini.

  16. saya umur 23 tahun,
    sekarang ini saya mengalami sakit gigi dok.
    rasa sakit yang saya alami pada gigi bagian atas dan bawah di ujung berdekatan dengan gusi. namun sakit gigi saya ini tidak pada gigi yang berlubang. rasa ngilu dan nyeri namun tidak menyebabkan bengkah sering datang tiba-tiba.teman saya mengatakan kalau gigi bungsul saya yang tumbuh. lalu apakah itu harus di cabut dok? terima kasih.

  17. sebaiknya diperiksa langsung dulu karena selain harus dilihat juga butuh bantuan foto rontgen untuk melihat keadaan di dalam gusi. jika penyebabnya karena gigi bungsu yang pertumbuhannya bermasalah makan solusinya harus di cabut

  18. Asslamualaikum dokter..
    Curious nih sy, gigi bungsu nya berbau gt dok kanan kiri. Dan bbrp hari kemarin sempet sakit krn gusinya bengkak, sedikit nutupin gigi bungsunya gt. Perlu diangkat ya dok?
    Lalu dok walapun udh berlama2 sikat gigi pake odol jg mayan banyak tp dlm beberapa menit si bau giginya itu menyebar lg jd bikin bau mulut everyday :(. Kira2 kalo pengangkatan gt butuh biaya berapa ya untuk 2 gigi? Galau soalnya biaya sedikit tp kalo gak diangkat bakal ngerugiin sendiri malu2 buat ngomong sm org krn takut kebauan 🙁

    Hatur nuhun dokter 🙂

  19. waalaikum salam, banyak sekali kasus gigi bungsu miring ini menjadi penyebab bau mulut, karena ada celah antara gigi bungsu dan gigi sebelahnya yang masih bagus. hingga kotoran menumpuk dan membuat lubang. kotoran yang menumpuk dan masuk ke lubang tersebut membusuk dan tentunya akan menjadikan bau mulut yang tidak sedap. tidak sedikit kasus tersebut malah merusak gigi geraham sebelahnya yang sehat hingga terpaksa harus di cabut.

    jadi saran saya sebaiknya dicabut gigi bungsu nya. untuk biaya pengangkatan gigi bungsu silahkan bisa ditanyakan di Hotline 08119141419 via sms / call / WhatsApp

  20. Assalamualikum dok, gigi saya sudah didiagnosa impacted teeth, namun tidak segera dioprasi karna harus ada data data yang dipenuhi. Sekarang gusinya sudah membengkak(menggembung) apakah kondisinya akan parah?

  21. Gigi saya didiagnosa impacted teeth karna gigi geraham bungsunya tumbuh miring tp masih sedikit ada jarak dari gigi tetangga, tapi dia mendorong gusi

  22. Waalaikum salam,
    keadaan Gigi Bungsu seperti itu dibiarkan maka keadaannya bertambah parah

  23. Halo dok , saya baru berusia 19 tahun , gigi bungsu saya muncul di sebelah kanan , semenjak giginya muncul , telinga kanan saya agak berdengung , apakah pertumbuhan gigi itu yang mempengaruhi telinga saya berdengung ?

  24. hal tersebut pernah didapati dari beberapa kasus Gigi Bungsu yang tumbuh miring, untuk memastikannya sebaiknya diperiksa langsung ke drg sp Bedah Mulut terdekat.

  25. Assalamualaikum dok..usia saya 24tahun,,saya mau tanya soal gigi bungsu yang baru tumbuh dihari ke 1 dan 2 ada rasa nyeri disertai menelan dan membuka mulut cuma bisa sedikit setelah dihari ke 3 rasa nyeri,sakit,menelan berangsur menghilang dan membuka mulut sudah bisa sedikit…pertanyaan saya apakah itu efek samping dari tumbuhnya gigi atau ada efek lain dok??

  26. waalaikum salam,
    untuk melihat pertumbuhan gigi bungsu normal atau tidak harus dilihat dengan bantuan foto rontgen panoramic. silahkan bisa foto panoramic dahulu dan bisa capture rontgen tersebut kirim via whatsapp di hotline 08119141419

  27. Assalamuálaikum dok

    Saya usia 25, sempat mengalami infeksi/bengkak pada gusi bawah bagian belakang..
    hasil rontgen menunjukkan pertumbuhan gigi geraham paling belakang normal, namun dokter klinik mengatakan tidak ada ruang untuk si bungsu tumbuh sehingga hanya muncul sebagian dan sisanya di dalam gusi.
    sekarang sudah tidak nyeri dan bengkak lagi gusinya, apakah tetap harus dicabut si bungsu tsb?

  28. Waalaikum salam,
    banyak dijumpai kasus Gigi Bungsu seperti ini, walaupun pertumbuhannya tegak normal tapi tidak tersedia ruang yang cukup untuk muncul ke permukaan hingga Gigi Bungsu terus menekan tulang ataupun Gigi Sebelahnya, hal inilah yang menyebabkan nyeri dan bengkak bahkan tidak jarang hingga menyebabkan kista dan tumor.

    Gigi Bungsu akan terus berusaha keluar ke permukaan jadi suatu saat bisa terjadi rasa nyeri lagi. Saran saya jika sudah pernah infeksi dan bengkak serta dokter menganalisa tidak ada ruang untuk muncul ke permukaan maka sebaiknya di cabut Gigi Bungsu nya sebelum terjadi sakit lagi dan kemungkinan infeksi yang tidak diinginkan

  29. dok saya adi 25thn,
    gigi bungsu saya baru tumbuh sebelah kiri dan sakit banget mungkin karena mendorong gusi yg di atasnya. sudah seminggu ini nyeri gusi dan sariawan di sampingnya. apa bisa langsung di cabut ? tp saya belum tau posisinya normal atau tidak sedangkan gigi bungsu yang kanan normal tumbuhnya

  30. dear Adi,

    untuk mengetahui keadaan gigi bungsu tersebut tumbuh normal atau tidak harus dilihat langsung dan dibantu dengan foto rontgen panoramic, silahkan bisa kirim hasil rontgennya ke Hotline via Whatsapp di 08119141419. atau jika belum ada bisa dibuatkan surat pengantar foto rontgen nanti via whatsapp.

  31. dok saya joshua, gigi graham bungsu saya tumbuh normal, tp masih tertutup gusi, setiap kali selesai makan saya selalu sukar membersihkan sisa makanan di sela gusi yg d tumbuhi gigi graham, sebaiknya bagaimana ya dok?

  32. kepada Joshua
    sebaiknya konsultasi langsung dengan dokter gigi terdekat untuk dilihat keadaannya. foto Rontgen panoramic akan sangat membantu melihat pertumbuhan Gigi Bungsu. atau silahkan bisa Hubungi Hotline via whatsapp di 08119141419 untuk respon cepat. Jika ada foto Rontgen panoramic bisa dikirim via whatsapp untuk saya pelajari pertumbuhan Gigi Bungsu tersebut.

  33. Selamat sore Bu Dokter… sy disarankan utk bedah mulut atas gigi belakang yg tumbuh miring & sering bikin sakit. Mohon info apakah resiko yg akan timbul setelah bedah mulut tsb dilakukan? Umur sy 50 tahun… dan sering migren yg diduga krn ada masalah dgn gigi blakang tsb. Terima kasih sblmnya Dokter.

  34. kepada Ibu Retno Moedjono,
    Semua Operasi, baik Operasi Gigi Bungsu maupun Operasi lain pasti ada resiko resiko. Resiko Resiko Operasi Gigi Bungsu yang akan terjadi adalah perdarahan, kebas / kebal / mati rasa sekitar bibir. Untuk itu Operasi Gigi Bungsu bius lokal sebaiknya dikerjakan oleh drg Sp Bedah Mulut yang memang kompeten dalam bidang tersebut agar resiko resiko Operasi Gigi Bungsu dapat dikurangi bahkan dihindari.

  35. Assalamualaikum.
    Dok saya umur 21 gusi saya juga berlubang dan sakit kalau ada makanan yang masuk, tpi lubangnya kecil tidak seperti gambar apa itu juga tidak normal. Kalau di operasi nanti gigi-nya yang diambil apa gusinya yang dihilangkan.

  36. waalaikum salam,

    keterangannya masih luas jadi, apakah ini adalah Gigi Bungsu, Gigi Geraham, posisi Gigi Geeraham bungsu miring atau bukan dll, jadi saya belum mengetahui keadaannya detail untk kasus ini. Untuk itu harus dilihat langsung agar bisa mendapatkan kepastian perawatanan.

  37. Assalamualaikum dok,saya baru mau menginjak umjr 16,tapi gigi bungsu saya sudah tumbuh(kanan&kiri bag.bawah). Lalu hanya tumbuh di bagian tepi dekat pipi,gusi seperti tertekan dengan terpaksa dok. Beberapa hari lalu gusi dikanan bawah mulai sedikit bengkak dok. Untuk posisi gigi saya kurang paham apakah miring atau tidak. Solusi nya bagaimana ya dok? Terimakasih

  38. dari ketrangan diatas kemungkinan Gigi Bungsu nya tumbuh tidak normal atau miring. jika memang miring dan sudah mengganggu sebaiknya segera di cabut. yang harus dilakukan saat ini adalah datang ke drg Spesialis Bedah Mulut untuk dipelajari keadaannya. atau silahkan bisa Foto Rontgen panoramic dahulu, kemudian kirim hasilnya ke Hotline via Whatsapp di 08119141419 agar nanti bisa saya analisa

  39. assalamuallaikum
    dok gigi bungsu saya sebelah kanan bawah tumbuh rasa nya sangat nyerimungkin karna gusi nya terbuka ya dok ? setiap makan rasanya sakit sekali dok jadi terkadang saya makan hanya mengunyah beberapa kali saja kemudian langsung ditelan akibatnya setiap selesai makan perut saya pun tersa sakit.jadi menurut dokter saya harus gimana ya dok mengatasinya.terima kasih

  40. waalaikum salam
    jika keadaannya sudah seperti itu kemungkinan Gigi Bungsu nya tumbuh tidak normal, untuk itu sebaiknya periksa ke drg Sp Bedah Mulut terdekat. Jika memang Gigi Bungsu nya Bermasalah maka harus di cabut.

  41. Assalamualaikum wr wb
    Mau bertanya dok, saya sedang tumbuh gigi bungsu geraham, bawaan mulut saya pahit dan saya merasakan bau tak sedap, walaupun setiap kalinya menyikat gigi ataupun berkumur dengan obat kumur.
    Mengapa begitu ya dok?

  42. waalaikum salam,

    biasanya ada sisa makanan yang terjebak di celah antara Gigi Bungsu miring dan gigi sebelahnya yang tidak terjangkau oleh siket gigi. jika didiamkan maka bisa merusak gigi geraham depan yang sehat menjadi berlubang. kasus ini banyak terjadi, Untuk itu saran saya segera konsultasi ke drg Bedah mulut terdekat untuk dipelajari kasusnya.

  43. assalamua’laikum wr wb..
    dok,saya mau brtanya. gigi bungsu geraham saya kan baru tumbuh sekitar 2bulan ini, lalu gigi bungsu ini menyembulkan gusi yg ada diatasnya. apakah itu normal dok? sehingga antara gigi bungsu sama gusi membentuk rongga. kemudian gigi bungsu saya kan baru tumbuh sebelah dok, setengahnya lagi mau tumbuh tapi dia berdarah antara gusi dan gigi bungsu yang mau tumbuh itu dok, apakah itu baik2 saja dok?
    terimakasih

  44. waalaikum salam.

    Proses Gigi Bungsu Tumbuh memang akanmenimbulkan rasa sakit sementara. namun jika Gigi Bungsu nya sudah tumbuh sempurna maka rasa sakit nya akan hilang juga. saran saya periksa ke dokter gigi terdekat agar dilihat keadaan pertumbuhan Gigi Bungsu tersebut.

  45. Assalamualaikum dok. Posisi gigi bungsu sya persis seperti di gambar. Pernh di lakukn rongten dan tdk berpengaruh pada gigi tetangganya. Namun sekarg mulai sakit dok, masalhnya saya sdg hamil 7w baiknya bagaimana ya dok.

  46. waalaikum salam

    memang sangat tidak disarankan tindakan Operasi Gigi Bungsu untuk ibu hamil, khusus untuk kasus ini saran saya sebaiknya konsultasi langung ke drg Sp Bedah Mulut. terdekat agar dilihat dan dipelajari agar mendapatkan kesimpulan untuk perawatan yang terbaik

  47. Dok.. usia saya 30th, gigi bungsu saya sebelah kiri tumbuh vertikal, dan sepertinya sudah tumbuh semua karena semua bagian gigi sudah terlihat.. Permasalahannua, di atas gigi tersebut ada daging seperti gusi lebih dok, agak melambai dikit gitu dok.. itu sebaiknya diapain ya dok? Soalnya kalau gigi atas dan bawah mengatup, gusi tersebut mengganjal dan sakit karena “terinjak” gigi atas dan bawah..

    Terimakasih

  48. Kemungkinan besar sudah ada infeksi, untuk itu sebaiknya konsultasi langsung agar dilihat dan dipelajari keadaannya, hingga nantinya akan mendapatkan penanganan yang tepat unguk keadaan Gigi Bungsu nya.

  49. Assalamualaikum Dok…,usia saya 18th,waktu saya usia 17th menjelang 18th gigi bungsu sebelah kiri saya mulai tumbuh itu rasanya sakit banget,setelah beberapa jam rasa sakitnya itu semakin berkurang,nah pas udah 12 jam itu rasa sakitnya udah hilang tapi bengkak gusi gigi bungsu saya ini baru kempes 3 hari. apakah gigi bungsu saya ini tumbuh normal atau miring ya?itu gimana yak dok…

  50. Waalaikum salam,

    keadaan pertumbunan Gigi Bungsu tersebut harus dilihat dengan jelas apakah posisinya miring atau normal. Jika posisi pertimbuhannya miring maka pertumbuhannya tidak akan mnormal dan Gigi Bungsunya harus di cabut.

  51. Dok ..
    Gigi bungsu saya tumbuh tp fotonya ga percis kaya di atas .. Mahkota muncul ke atas tpnya baru mahkota dpn kiri dan kanan tinggal yg belakang tp udah ada gigi kecil .. Sakit bgt gmn dok ? Harus di op gak?

  52. Jika keadaan Gigi Bungsu sudah mengganggu maka sebaiknya dilakukan pencabutan. atau pencabutan Gigi Bungsu bisa dilakukan untuk sebelum terjadi rasa sakit. untuk memastikannya silahkan konsultasi langsung ke drg Spesialis Bedah Mulut terdekat agar dilihat perkembangan Gigi Bungsunya

  53. Dok saya baru saja operasi gigi bungsu ,sudah berjalan 2 hari pasca operasi,namun bengkak pipi saya di sertai nyeri pada bagian bawah dagu jika di pegang bawah dagu terasa nyeri dan timbul kaya biji gtu apakah wajar dok jika sakit dan bengkak pada bawah dagu tsb?terimakasih dok

  54. 2 hari bengkak pasca operasi masih wajar.seminggu pasca operasi harus kontrol untuk melihat perkembangan penyembuhannya dan buka jaitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *