Apa Itu Gigi Implant Atau Implant Dental

Hubungi Hotline Implan Gigi +628119141419 via sms / Whatsapp.
apa-itu-implan-gigi-atau-implan-dental

Senyum yang bebas, tertawa yang lepas serta dapat memakan apa saja dengan nyaman adalah suatu kenikmatan yang diberikan Allah terhadap kita.

Apakah yang dimaksud Gigi Implant atau Implant Dental ?

Apa jadinya bila gigi anda kehilangan saat muda? pasti tidak nyaman, apalagi yang hilang adalah gigi depan yang merupakan mahkota seseorang yang mana dapat menurunkan rasa percaya diri. Lalu bagaimana bila kehilangan gigi belakang? walaupun tidak berpengaruh terhadap estetika tapi sangat berpengaruh dalam fungsi pengunyahan seseorang yang menimbulkan ketidak nyamanan dalam makan sehari hari.

Kehilangan gigi merupakan suatu kasus yang sering di jumpai di bidang kedokteran gigi. Kasus kehilangan gigi ini idealnya harus segera di restorasi. Ada beberapa cara untuk menggantikan gigi yang hilang, yaitu antara lain gigi tiruan lepasan, gigi tiruan jembatan dan implant gigi. Perbedaan ketiga cara tersebut menjadi pilihan bagi pasien. Gigi tiruan lepasan adalah gigi tiruan yang dapat di lepas-pasang. Namun, kekurangan gigi tiruan ini ialah masih dapat menimbulkan rasa tidak nyaman pada pasien, dan juga ada kemungkinan hilang atau tertelan.

implan-gigi-murah-harga-depok-jpgGigi tiruan jembatan di peroleh dengan mengecilkan gigi sebelahnya untuk di pasang mahkota tiruan sebagai penyangga mahkota tiruan gigi yang ompong tersebut. Gigi tiruan dengan tipe ini kadang pada akhirnya dapat merusak gigi tetangga yang di gunakan sebagai penyangga, karena pembersihan di bawah mahkota tiruan tersebut sulit di lakukan pasien, sehingga lambat laun gigi disebelah yang di pasang mahkota tiruan penyangga tersebut dapat mengalami karies dan goyang dengan derajad yang tinggi.

Untuk mengatasi kekurangan-kekurangan di atas, maka metode penggantian gigi semakin di kembangkan, dan pada sekitar tahun 1960-an, di mulailah percobaan menanam material (logam titanium) ke dalam tulang rahang yang bertujuan untuk menggantikan akar gigi yang hilang, lalu menunggu sampai terjadinya proses penyatuan material tersebut dengan tulang rahang (osseointegrasi) kemudian di atasnya di buatkan sambungan (abutment) untuk memegang mahkota tiruan dan proses ini di kenal dengan nama implant gigi.

Teknologi ini sendiri telah mampu berfungsi untuk menggantikan gigi asli. Gigi asli terdapat dua bagian, yaitu akar gigi yang tertanam di dalam tulang dan mahkota gigi yang muncul di bagian rongga mulut. Untuk teknologi implant gigi memiliki bagian yang masuk ke dalam tulang dan menggantikan akar, sedangkan gigi tiruan lepasan dan gigi tiruan jembatan tidak memiliki akar yang bias tertanam di dalam tulang rahang
Sebenarnya, implant gigi adalah akar gigi tiruan yang ditanam ke dalam rahang untuk menggantikan akar gigi asli yang telah hilang. Proses penanaman dilakukan melalui mekanisme pembedahan minor, yaitu dengan cara membuka gusi dan kemudian membuat lubang di bagian tulang dengan ukuran antara 3-4 milimeter dengan panjang bervariasi sesuai dengan kebutuhan.

Implant gigi mempunyai manfaat fungsional dan juga estetika, di manafungsi pengunyahan pasien dapat di sempurnakan dan juga mengembalikan senyum pasien menjadi lebih menawan dengan susunan gigi yang mirip dengan gigi aslinya. Implant gigi juga lebih rigid dan stabil sehingga nampak lebih natural dan mempunyai kekuatan gigitan yang lebih baik. Namun, proses pemasangannya membutuhkan beberapa kali kunjungan seperti telah di jelaskan di atas dan juga di butuhkan biaya yang cukup besar.

harga-implan-gigi-jpgHarga nya pun berfariasi sekitar Rp. 20 juta per implan yang di tanam, bahkan bisa lebih, tergantung tingkat kesulitan yang biasanya membutuhkan bahan pendukung lain seperti bahan pencangkokan tulang (bone graft) dll, harga yang mahal juga dipengaruhi dari kualitas bahan implan gigi yang masih import, juga kebijakan dari rumah sakit atau dokter yang mengerjakannya.

Metode implant gigi ini tidak dianjurkan di aplikasikan pada anak-anak, tetapi lebih tepat bagi pasien dewasa atau ketika pertumbuhan tulang sudah selesai. Sebenarnya tidak ada kontra indikasi yang mutlak untuk pemasangan implant gigi ini, akan tetapi untuk pasien yang mempunyai kebiasaan merokok sebaiknya mengurangi atau berhenti sama sekali dari kebiasaan tersebut, dan untuk pasien yang mempunyai riwayat penyakit Diabetes, juga harus mengontrol kadar gulanya dulu sebelum melakukan pemasangan implant gigi. Untuk pasien dengan riwayat penyakit sistemik tertentu sebaiknya melakukan konsultasi pada Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk mendapatkan persetujuan tindakan pemasangan implant gigi tersebut.

Dalam pemasangan implant gigi ini di perlukan kerja sama yang baik antara dokter gigi dan pasien. Dokter gigi harus menjelaskan informasi yang berhubungan dengan pemasangan implant gigi dengan sebaik-baiknya sampai pasien mengerti tahapan proses pemasangan implant gigi yang akan dilakukan terhadap dirinya. Bila pasien telah mengerti dan setuju, baru pemasangan implant dilakukan.

Meski relatif aman, pasien harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan, di antaranya tulang gigi pasien harus sehat dan cukup tebal, karena pasien yang sudah kehilangan gigi lama maka tulangnya menciut dan menipis. Bagi pasien yang seperti ini, maka harus di lakukan penambahan tulang sebelumnya melalui metoda grafting. Khusus untuk gigi atas kadang-kadang jarak tulang dan sinus maksilaris sangat tipis sehingga di perlukan suatu operasi pengangkatan sinus agar implant gigi tidak menembus dan merusak mukosa sinus maksilaris. Bahan implant gigi terbuat dari titanium, atau logam yang bersifat biocompatible yang artinya saat bahan ini di masukkan ke dalam tulang, maka tubuh kita tidak memberikan reaksi penolakan.

Kesuksesan implant gigi ini bergantung dari beberapa hal, yaitu :

  • Kondisi tulang pasien
  • Bahan implant
  • Ketrampilan operator dalam hal ini dokter gigi pribadi anda
  • Pemeliharaan implant gigi oleh pasien

Angka kesuksesan pemasangan implant gigi rata-rata 90-95%, Kegagalan dalam pemasangan implant gigi biasanya berhubungan dengan proses penyatuan bahan implant gigi dengan tulang rahang yang tidak sempurna, yang antara lain di sebabkan oleh adanya proses infeksi, karena pasien tidak menjaga kesehatan mulutnya dengan baik.

Pasien yang telah melakukan pemasangan implant gigi harus selalu menjaga kebersihan mulutnya dan melalukan kontrol periodik setiap 6 bulan sekali. Bila pasien selalu memperhatikan kesehatan mulutnya maka implant gigi dapat bertahan seumur hidup dan mahkota tiruan di atas implant bisa bertahan hingga 10-25 tahun.

Lokasi praktek drg Ika Ratna Sp.BM
di Apotik Century jl Veteran Bintaro Jakarta Selatan

  • Minggu 10:00 – 14:00
  • Senin 16:00 – 19:00
  • Selasa 10:00 – 14:00
  • Rabu 10:00 – 14:00
  • Kamis 16:00 – 19:00
  • Jumat 10:00 – 14:00

pasien terbatas, dengan perjanjian terlebih dahulu

dengan perjanjian Call / Sms / Whatsapp +628119141419

Artikel Implan Gigi yang lain :

Gigi Palsu Permanen dan Tanam Gigi Apakah Sama

Cara Pasang Implan Gigi Sebaiknya Perlu Diketahui Oleh Pasien

Implan Gigi Atau Gigi Palsu Permanen Ulasan Serta Pertanyaan Umum

 

36 Comments

  1. Salam Dokter Ika yang baik…

    Gigi depan saya yang dipasang Implan oleh dokter sudah nyaman, dan sudah gak ragu lagi kalau tertawa heheh…

    tanya Dok, kalau mahkota implan nya rusak seperti yang dijelaskan di atas apakah harus di tanam implan ulang seperti awal Dok?

  2. Salam juga mba Lala yang Cantik,
    jika Mahkota gigi implan nya saja yang rusak tidak perlu lagi untuk pemasangan implan seperti awal, cukup diganti saja mahkotanya dan pemasangannya pun bisa kembali kepada saya atau kalau sedang ada di luar negri bisa di buatkan di dokter gigi umum atau spesialis Prosto.

  3. Setelah saya banyak membaca penjelasan dari dr. Saya tertarik juga. Apakah di karawang ada tempat prakteknya dr.

  4. Punteun pisan pak Asep, saya cuma praktek di 3 Rumah Sakit di sekitar depok dan Jakarta Selatan, mungkin di Karawang ada dokter gigi lain yang bisa untuk melakukan pemasangan Implan Gigi

    Hatur Nuhun…

  5. Salam Bu Dokter, kalau pasang implan gigi itu berapa lama? bagaimana saya bisa janji konsultasi dengan dokter?karna saya tinggal di Garut disini mash jarang dokter spesialis giginya apalagi doter spesialis bedah mulut, biar nanti saya akan atur jadwal saya untuk ke jakarta tempat praktek Dokter. Punteun Dokter teh urang Sunda? kok tiasa nyarios Sunda?

  6. Wlkm Salam ibu Neneng,
    Pemasanga Implan gigi cuma sebentar, utuk berikutnya kontrol beberapa minggu kemudian, untuk janji konsul bisa telpon ke Rumah sakit Sentra Medika atau RSGPI di depok, nanti akan di atur waktunya oleh perawat saya.
    yang asli Sunda suami sy bu, Asli Ciamis, dan saya sempat lama juga di Bandung waktu sekolah di UNPAD jadi biasa sedikit bahasa Sunda….
    Mangga Diantos Ibu Neneng…

  7. Siang dok. Sy Dari Palu Sulawesi Tengah. Gigi dpan atas Sy skar 2buah pake Gigi palsu lepas pasang Sy rencana mau implant. Prosesnya implantnya itu berapa lama dok sampai selesai? Apa setelah selesai proses implant makan kita hrs dijaga ya? Efek sampingnya setelah implan gimana? Trus biaya sm dokter untuk 1buah Gigi berapa? Mohon jawabannya dok, Makasih

  8. Dear Sherly Salim,
    pemasangan Implan gigi sampai selesai bisa memakan waktu sekitar 3-4 bulan, untuk konsultasi dan pemasangan bisa menyediakan waktu 3-6 hari pertama, untuk selanjutnya pemasangan mahkota gigi pada 3 – 4 bulan berikutnya. selengkapnya bisa disimak pada posting saya disini http://www.bedahmulut.ariirnawan.com/cara-pasang-implan-gigi-sebaiknya-perlu-diketahui-oleh-pasien/

    mengenai harga belum bisa saya pastikan sebelum melihat langsung dan mempelajari gigi geligi Sherly Salim. Jika berkenan Sharly bisa Rontgen Panoramic di sulawesi tengah, hasilnya bisa difoto dan kirim ke email saya di BedahMulut.os@gmail.com agar bisa saya pelajari

  9. Selamat malam dok, saya nanda. Saya mau nanya dok, jadwal dokter di RS yg ada didepok kapan saja ya? Untuk masalah konsultasi apakah dikenakan biaya? Kalo iya kira2 berapa ya dok? Nuhun..

  10. Selamat sore Sisi,

    Selama persyaratan pemasangan implan gigi terpenuhi seperti ketebalan tulang yang cukup, tidak mengidap diabetes akut dll maka pemasangan implan gigi bisa dilakukan.

  11. Haii mbk lala, mau tny boleh kan mbk?? ?Proses penyembuhan sesudah implant lama ga mbk?? Terus susa ga klu mau mkn dan Minum.

  12. Hay Mba Nina,
    enggak lama kok, dan gak sakit cuma agak gak nyaman aja kalo makan selama 2 sampai 3 hari masih wajar lah, selebihnya nyaman, malah lupa kalo ada gigi palsu, soalnya implan gigi mirip gigi asli Gak usah di lepas pasang.

    Memang Implan gigi jauh lebih mahal dibandingkan gigi palsu yang lain, tapi sebanding lah dengan kenyamanannya. mau ditanam implan juga mba?

    tanam implan gigi nya ke dokter Ika aja. neranginnya jelas, spesialis bedah mulut juga kalo gak salah memperdalam implan gigi nya di Universitas Hambeurg Jerman.

    gak heran banyak pasiennya sampe harus antri untuk janji pasien hehehe…

  13. dok saya udah pasang implan gigi tapi pemasangan mahkotanya kurang bagus, apakah bisa dilepas lagi dan diperbaiki atau diganti baru ? waktunya berapa lama ya katanya susah buat lepas dari lem perekatnya.

  14. Kepada Adi,
    insya Allah bisa diperbaiki, namun harus saya pelajari dahulu jenis implannya, pemasangannya, keadaan giginya dll. waktu yang di butuhkan tergantung kasus per kasus Silahkan bisa hubungi Hotline 08119141419 bisa via sms atau whatsapp

  15. Hi Dokter

    Saya taufiq dari bandung. 2 Gigi geraham bawah saya sudah dicabut. Apa bisa di implan sekaligus atau harus satu persatu ya? .

    Mungkin dokter ada rekomendasi dokter gigi yg bagus d bandung.
    Terima kasih

  16. Hi Taufiq,

    Implan gigi geraham tersebut bisa langsung di tanam implan gigi 2 sekaligus, unruk rekomendasi saya belum ada tapi seharusnya ada yang bisa melakukukannya pemasangan implan gigi mengingat bandung termasuk kota besar juga.

  17. Thanks Doc atas infonya. Jadi implant gigi itu tanam gigi palsu kedalam tulang rahang, ya? Tapi kok pake baut gitu ya? Agak serem jadinya..
    😀

  18. salam dok, gigi geraham saya sudah dicabut kira2 5 tahun lalu, dan gusinya kecut sudah…soalan saya, bisakah implan dipasang kedalam gusi yang sebegitu?

  19. harus benar benar di ukur seberapa banyak pengecilan tulang rahangnya jika masih memungkinkan maka bisa di tanam implan gigi dengan menggunakan teknik Bonegraft terlebih dahulu atau bersamaan ketikan di tanam implan

  20. Dok kalo implan gigi itu apakah pada saat pemasangan mahkotanya selesai gigi terlihat berbeda atau sama dengan gigi asli? Mksdnya apakah gusi menutupi sedikit mahkotanya sehingga tdk kelihatan asli atau palsunya

  21. setelah pemasangan implan selesai maka mahkota implan gigi akan terlihat sama dengan gigi asli

  22. halo lala,
    ada beberapa aspek yang harus dilihat dalam menentukan Biaya Implan Gigi, silahkan bisa hubungi Hotline via whatsapp di 08119141419 untuk mengetahui Biaya Implan Gigi.

    terimakasih

  23. Asalam… Drg ika, dok mau tanya, saya pasang sarung gigi baru 1,5 tahun sarungnya turun jadi leher gigi terlihat hitam dan gigi sedikit goyang, saya minta ganti sarung tapi dokter gigi saya bilang semennya masih kuat… Biar telihat rapi lg gimana ya dok?mohon penjelasannya! Dokter prakteknya di RS mana aja? TeriMakasih dok sebelumnya, salam sulis

  24. waalaikum salam,
    untuk kasus ini harus saya lihat langsung agar jelas nanti solusinya, silahkan bisa hubungi Hotline vi Whatsapp / call di 08119141419 untuk jadwal praktek / janji pasien

  25. Assalamualaikum dr. Saya mau tanya, kalau pasang Implan Gigi buat mengganti gigi yg hilang, apakah bisa ditanam Implan Gigi full rahang atas bawah ?

  26. waalaikum Salam,

    untuk melakukan pemasangan Implan Gigi Full rahang atas bawah bisa saja, dengan catatan jika tulang rahangnya masih memungkinkan. untuk itu harus dilihat dan dipelajari dahulu langsung.

  27. Selamat malam dokter ika saya mau tanya itu baut yg di masukin dalam rahang gigi gpp dok? Aman kah? Itu bahan nya titanium sama sprti besi dok? Mksh dokter sbelum nya

  28. bahan Implan Gigi yang ditanam kedalam tuang rahang adahah berbahan dasar titanium jadi tidak masalah terhadap tubuh.

  29. selamat malam dokter,

    saya tertarik dengan Implan Gigi, gigi geraham saya tadinya pakai Gigi palsu jenis bridge. namun sekarang sepertinya sudah goyang dan keropos. rencananya saya akan menggantinya dengan Tanam Implan Gigi.

    kira kira Berapa Biaya Implan Gigi Geraham?

    terimakasih Dok

  30. Dear Rara,
    untuk mengetahui biaya Implan dengan jelas harus dipelajari langsung dulu kasusnya. bantuan foto Rontgen juga sangat diperlukan untuk mempelajari ketebalan tulang. silahkan bisa hubungi hotline untuk lebih jelasnya di 08119141419 via whatsapp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *